,
20 Oktober 2020 | dibaca: 35 Kali
KSBN SEGERA HADIR DI BALI
noeh21


Denpasar, Skandal

Wakil Gubernur Bali Prof.Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. atau biasa disebut Cok Ace didampingi Gede Sri Darma dari Dinas Kebudayaan Pemprov Bali, Selasa 20/10/2020 dikantor Wakil Gubernur menerima audiensi calon pengurus KSBN (Komite Seni Budaya Nusantara) DPW Bali.
Dalam kesempatan audiensi ini Jro Made Supatra Karang, tokoh masyarakat Bali yang lebih dikenal dengan nama Made Karang selaku pimpinan rombongan mengatakan; KSBN adalah sebuah Perkumpulan yang membentuk, mengkoordinasikan, memfasilitasi serta mengembangkan berbagai Asosiasi/Komunitas Seni Budaya di seluruh Nusantara, yang didirikan di Jakarta pada tanggal 2 Februari 2017 dengan Ketua Umumnya Mayor Jendral TNI (Purn) Drs. Hendardji Soepandji, SH.

KSBN berfungsi sebagai N.G.O yang membantu Pemerintah dalam merumuskan kebijakan dalam membangun masa depan dan peradaban bangsa sesuai UU No 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan, selain menjadi wadah bagi Asosiasi/Komunitas Seni dan Budaya, KSBN juga melestarikan dan mengembangkan seni dan nilai-nilai budaya Nusantara secara bersama-sama, mensosialisasikan seluruh seni budaya tradisional Nusantara baik di dalam maupun di luar negeri, sekaligus mempertahankan warisan seni budaya tradisional Nusantara dari claim negara lain serta mewujudkan “Industri Seni Budaya Tradisional Nusantara” yang memegang etika Seni Budaya Nusantara.

Sebagai informasi kami telah mendirikan beberapa DPW (Dewan Perwakilan Wilayah) di berbagai Provinsi di Indonesia, menanggapi keinginan beberapa Kelompok Pelaku dan Pengamat Seni di Bali dan sejalan dengan Misi kami, maka kami bermaksud mengusulkan mendirikan KSBN DPW Provinsi Bali.

Tujuan audiensi ini adalah untuk mendapat arahan dan dukungan dari Wagub Cok Ace, sekaligus kami mengharap kesediaan Wagub Cok Ace menjadi Penanggung jawab Organisasi seperti DPW lainnya.

Wagub Cok Ace menyambut baik kedatangan rombongan calon pengurus KSBN DPW Bali ini, setelah mendengar paparan singkat mengenai tujuan organisasi ini Wagub Cok Ace mengatakan “misi KSBN sangat baik dan mulia untuk pelestarian Seni dan Budaya Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya. Tentunya ini bukanlah pekerjaan mudah, ini adalah pekerjaan besar dan panjang yang boleh jadi bukan kita yang akan menikmati hasilnya, tetapi anak cucu kita”.

Pada penghujung audiensi Wagub Cok Ace menyatakan kesediaannya menjadi Ketua KSBN DPW Bali, Wagub Cok Ace mengajak para calon pengurus segera melakukan melakukan inventarisasi para pakar Seni dan Budaya di Bali, setelah itu melakukan inventarisasi masalah masalah yang dihadapi oleh para seniman dan praktisi budaya, terakhir membuat terobosan-terobosan untuk mengatasi masalah masalah tersebut, tentunya tidak bisa sekaligus, harus satu persatu. Selain Made Karang, calon pengurus yang turut hadir pada audiensi diantaranya; I Made Sidia, I Gusti Made Darma Putra.S.Sn,M.Sn, Made Bawa dan Sony Utama. (sy Bali)
Berita Terkait
Berita Lainnya