,
06 Juli 2018 | dibaca: 1714 Kali
Keraton Solo Beri Gelar Kehormatan Kepada Pejabat Pemkab Malang
noeh21

Solo.skandal

Keraton Surakarta Hadiningrat Solo, Jawa Tengah, memberikan penganugeraan dan penghormatan kepada 60 pejabat di lingkungan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dr. Kra Yono Budiyanto

"Penghargaan ini yang ketiga kalinya kami berikan,"  ujar Dr KRA Yono Budiyanto SE.MSi, Ketua Panitia Penyelenggara Penganugrahan gelar Kehormatan Keraton Surakarta Hadiningrat kepada Skandal.com, belum lama ini.

Menurut dia,  gelar penganugerahan dan pemberian tanda kehormatan itu  sebagai bentuk penghormatan kepada para tokoh yang punya andil dan kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian kebudayaan.

Doktor termuda se-Indonesia ini menyampaikan sebanyak 60an pejabat di lingkungan Kabupaten Malang telah diberi gelar kehormatan oleh Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat, Dra GKR Koes Moertiyah MPd, pada acara yang digelar di Pendopo Kabupaten Malang, yaitu Kepanjen pemberian gelar kehormatan melibatkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Dr.H. Abdulrahman Mkes.

Sementara dari kalangan artis 
meenerima penghargaan seperti Machica Moechtar, penyanyi dangdut era-80an,  Maya Angkasa, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Artis dan desainer indonesia, dan sejumlah budayawan, seniman, pemuda, pejabat militer juga mendapatkan gelar kehormatan.

"Sebelumnya  Bupati Malang, Rendra Kresna juga diberi gelar kehormatan Keraton Surakarta," tutur dosen kelahiran Blora Jawa Tengah ini.

Penganugrahan dan pemberian gelar itu bukan diperuntukan dari kalangan berbagai masyarakat suku Jawa saja. melainkan suku manapun  asalnya bisa mendapatkan gelar tersebut.

"Bahkan yang terpenting melestarikan kebudayaan Jawa, seperti memakai bahasa Jawa, serta membuat aksi nyata dan berkomitnen menjaga kelestarian budaya Jawa,"ujar dosen muda Universitas Brawijaya Malang.(@jie456)
Berita Terkait
Berita Lainnya