Tutup Menu

Anggaran Pembongkaran Jembatan Madastana Sebesar Rp 1 Miliar Lebih

Kamis, 05 Desember 2019 | Dilihat: 441 Kali
    

Marabahan. Skandal.
 
Anggaran Pembongkaran Jembatan Mandastana diperkirakan menelan anggaran  sebesar Rp 1 miliar lebih.

Demikian diungkapkan Kabid Bina Marga Kabupaten Batola Edy Supriadi yang ditemui tadi siang Rabu 4-12-2019 di ruang kerjanya.

Seperti diketahui, Dinas Perjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Marabahan Kabupaten Batola akan mengerjakan pembongkaran jembatan Mandastana di Desa Bangkit Baru,Kecamatan Mandastana. Jembatan tersebut runtuh pada tanggal 17 Agustus 2017.





Pembongkaran jembatan akan dilakukan dalam 75 hari ke depan, karena sudah ada pemenang lelang dan mau dilakukan kontrak pelaksanaan pekerjaan. 

Pembongkaran eks jembatan Mandastana tersebut diharapkan membuat keamanan lalu lintas sungai di bawah jembatan lebih bisa maksimal.

Diperkirakan dalam waktu dekat akan ada tambahan mobilisasi alat untuk pembongkaran jembatan Masdastana, sementara ini cuma sebuah ekskavator yang terlihat di atas jembatan yang runtuh tersebut. 

Badan jembatan yang  runtuh sudah tidak bisa dipakai lagi,kemungkinan ke depannya nanti akan dipotong potong.

"Begitu juga dengan tiang jembatan yang sudah tidak terpakai lagi," katanya.

Anggaran pembongkaran diperkirakan  Rpv1 miliar lebih untuk pembongkaran tahap awal, diprioritaskan pada badan jembatan untuk mendukung keamanan lalu lintas di air. 

Rencana pembuatan Detail Engineering Design (DED) dan rencana pembangunan jembatan Mandastana kembali akan mempertimbangkan beberapa hal,yakni kemampuan keuangan Pemerintah Kabupaten Batola,aspirasi masyarakat sekitar dan kajian teknis pembangunan jembatan. 

Ditanya masalah hasil lelang dari harta Rusman Adji, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan hasil lelang dari harta Rusman Adji oleh Kejari itu, nanti akan diserahkan ke kas daerah melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Dinas PUPR , tidak boleh langsung memakai dana hasil lelang harta Rusman Adji untuk membangun jembatan Mandastana.

"Duit hasil lelang akan dikategorikan sebagai pendapatan daerah dan dikeluarkan sebagai belanja pembangunan.Jadi rencana
 penggangaran pembangunan jembatan Mandastana murni dari  APBD," tuturnya. (irw)

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com