,
21 September 2020 | dibaca: 125 Kali
Aksi Bersih Bersih Di Dermaga Danau Panggang HSU
noeh21


Amuntai, Skandal

Humas Setda HSU, Danau Panggang.  Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si bersama KNPI Hulu Sungai Utara dan Komunitas Pencinta Lingkungan Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Aksi Bersih- bersih di Dermaga Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalsel. Kegiatan bersih – bersih bersama ini dalam rangka memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day) dengan memungut sampah yang berserakan di Dermada Kecamatan Danau Panggang, Minggu (20/9).





Bupati Hulu Sungai Utara yang juga di damping Ketua TP. PKK Kab. Hulu Sungai Utara Bunda Dra. HJ. Annisah Rasyidah Wahid, M.AP, Sekretaris Daerah H. Muhammad Taufik, S.Sos, MM, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. HSU beserta Jajaran, Ketua GOW Kab HSU serta Unsur Forkopimda Kecamatan Danau Panggang bersama berbagai unsure kepemudaan dan pencinta linggkungan di Kabupaten HUlu Sungai Utara bahu membahu membersihkan lingkungan Dermaga Danau Panggang serta Masjid Sirajul Ummah yang terletak di samping Dermaga tersebut.

Dengan menggunakan berbagai peralatan yang ada seperti sapu, keranjang dan lai-lain, kegiatan ini membuat masyarakat yang berkatifitas di sepanjang dermaga merasa bangga dan bersimpati dengan kegiatan tersebut. Dipilihnya dermaga danau panggang sebagai lokasi kegiatan karena dermaga ini sehari-harinya melayani transportasi sungai yang mencakupi daerah kalsel dan kalteng hal ini dikarenakan lokasi dermaga yang terletak di alur sungai Negara yang langsung menembus sungai barito. Serta musim kemarau yang terjadi saat ini membuat debit sungai menjadi surut sehingga sampah dan tumbuhan sungai seperti gulma dan enceng gondok menjadi tertumpuk di pinggir dan lingkungan dermaga, Hal ini membuat aktifitas masyarakat menjadi terganggu.

Ketua KNPI Hulu Sungai Utara Almin Ashar Safari, SKM yang juga Ketua DPRD HSU menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam kepedulian terhadap lingkungan terlebih lagi permaslahan sampah yang merupakan masalah pokok dalam kehidupan manusia, sampah yang merupakan limbah yang terus di keluarkan oleh manusia merupakan momok yang tak pernah berakhir karena sampah merupakan sumber berbagai masalah, baik itu malsah lingkungan , kesehatan dan sebagainya. 

Dengan momentum World Cleanup Day Tahun 2020 ini KNPI mengajak seluruh masyarakat khususnya pemuda di Hulu Sungai Utara untuk lebih peduli danhhhh memperhatikan permasalahan persampahan ini, karena dengan kita peduli dengan lingkungan dan sampah maka kita juga peduli dengan kehidupan dan generasi mendatang.

Sambil memungut sampah yang ada di bantaran dermaga danau panggang, Bupati HSU juga memberikan arahan dan himbauan kepada seluruh petugas dan masyarakat tentang pentingnya mejaga lingkungan dermaga agar bersih dan selalu asri sehingga menjadi dermaga yang sehat dan teratur seperti yang di dambakan seluruh masyarakat Hulu Sungai Utara.

Selain itu tak lupa pula Bupati HSU menyampaikan agar seluruh masyarakat HSU untuk terus menjaga kebersihan sekitar lingkungan tempat tinggal, kerja dan ibadah. Terlebih disaat ini pandemi Covid 19 masih melanda Hulu Sungai Utara dengan terus menjaga kebersihan lingkungan , kemudian selalu memakai masker apabila berkatifitas dan mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun serta selalu mejaga jarak dan menghindari kerumunan, maka penularan Covid 19 dapat di hindari dan diputus mata rantai penyebarannya. 
Seperti diketahu, World Cleanup Day (WCD) Indonesia kembali hadir sebagai kegiatan tahunan bersih-bersih dan memilah sampah secara serentak di seluruh Indonesia. (***)
Berita Terkait
Berita Lainnya