,
13 Agustus 2019 | dibaca: 362 Kali
ABPEDAS Hanya Memfasilitasi Anggota BPD
noeh21
Mura, Skandal

Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Sumatera Selatan (Sumsel), akan memfasilitasi 
sekitar 1.200 orang calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang akan mengikuti tes kejiwaan.

"Kami akan membantu para calon anggota BPD untuk melakukan kerja sama dengan dokter Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar Palembang, mengecek kejiwaan para calon anggota BPD," tutur Junaidi, Ketua ABPEDNAS saat dihubungi Skandal.

Sebab, menurutnya, bila calon anggota BPD datang langsung ke Kota Palembang atau ke Provinsi Bengkulu, akan mengeluarkan anggaran biaya yang sangat besar, sekitar Rp1,5 juta.

Selain biaya yang dikenakan untuk cek jiwa, para pendaftar juga harus mengeluarkan ongkos dan biaya makan, termasuk penginapan. Namun, dengan bantuan ABPEDNAS, para pendaftar cukup mengeluarkan biaya Rp750 ribu.

Bahkan, untuk mempermudah para pendaftar untuk mengikuti tes kesehatan jiwa, pendaftaran dapat dilakukan di kantor Pimpinan Anak Cabang (PAC) ABPEDNAS Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Mura.

"Memang, tes kejiwaan sangat dibutuhkan, karena peran dari BPD sangat penting dalam pembangunan di tingkat desa. Sebab, mereka merupakan lembaga yang memiliki fungsi untuk mengawasi program pembangunan yang dilakukan oleh Kepala Desa (Kades)," tutur Junaidi.

Dia menilai, banyak yang belum tahu fungsi dari BPD. Bahkan, ada yang berpendapat bila BPD merupakan perangkat desa. "Itu penafsiran yang salah, karena BPD merupakan lembaga independen, tidak dibawah Kades. Bahkan, BPD bertugas untuk memastikan bila program yang dijalankan tepat guna dan sasaran,” tuturnya.  

Dia mengapresiasi kepada  ABPEDNAS yang sudah memfasilitasi tes kejiwaan calon Badan Pemusyaratan Desa (BPD) Musi Rawas.

"Alhamdulilah  juga daerah kita sudah terentaskan dari kabupaten tertinggal, ini berkat kita yang saling gotong royong serta peran masyarakat desa sehingga kabupaten tercinta ini terlepas dari daerah tertinggal" ujar Bupati Musi Rawas H.Hendra Gunawan saat menghadiri sekaligus membuka tes Kejiwaan Calon Badan Pemusyaratan Desa (BPD) se Kabupaten Musi Rawas di ( UNMURA) Universitas Musi Rawas,  (ed)
Berita Terkait
Berita Lainnya