,
10 Desember 2020 | dibaca: 108 Kali
UMKM Naik Kelas, Gelar Karpet Merah Buat Eddi Ganefo  
noeh21
Jakarta – Skandal
10/12/20 Jelang digelarnya Munas IX Kadin pada 14-16 Desember 2020, dukungan terhadap Ketum petahana Eddi Ganefo terus mengalir, baik dari Kadin propinsi, asosiasi serta anggota luar biasa. Dukungan dari para pemangku kepentingan tersebut, makin melapangkan jalan bagi Eddi untuk kembali terpilih sebagai Ketum Kadin Paradigma Baru (PB) priode 2020-2025.
 
"Kami memang telah menggelar karpet merah kepada pak Eddi Ganefo untuk kembali memimpin Kadin", ujar Bimo T Prasetio, Wakau Koperasi dan UMKM Kadinda Kepulauan Riau. Menurut Bimo yang juga ketua asosiasi UMKM Naik Kelas Kepri, sampai saat ini belum ada sosok yang mampu menandingi kepiawaian Eddi Ganefo.
 
"Makanya kami mendukung penuh beliau untuk priode kedua", ujarnya. Senada dengan Bimo, Dra Nelty Fariza ketua UMKM Naik Kelas propinsi Banten dan Guntur SR, ketua Kadin Bintan, menegaskan kepemimpinan Eddi Ganefo mutlak dipertahankan, agar bisa meneruskan program yang ada.
 
"Program bidang UMKM harus berlanjut terealisasi tanpa harus menunggu adaptasi", ujar Nelty yang diamini Guntur SR. Sebagaimana dimaklumi, totalitas Ir. H. Eddy Ganefo, MM dalam memimpin KADIN PB sudah tidak diragukan lagi, lewat tangan dinginnya ia sukses membangun sinergitas yang baik dengan berbagai pihak sehingga fokus organisasi dalam mengembangkan dunia usaha serta UMKM dapat terukur.
 
Pembinaan terhadap dunia usaha khususnya pada ribuan UMKM menjadi bukti bahwa KADIN PB betul-betul memiliki peran dalam mengembangkan dunia usaha di lintas sektor.
 
Di saat pandemi COVID-19 yang sudah berjalan selama sembilan bulan ini tidak sedikitpun membuat dia mundur dalam melangkah. Kiprah KADIN PB dalam dunia usaha, secara berjenjang semakin solid untuk memberikan masukan kepada pemerintah pusat maupun daerah baik secara langsung maupun melalui pemberitaan berdasarkan kajian-kajian dan riset internal yang independen.
 
KADIN PB dalam kepemimpinan Ketua Umum Eddy Ganefo sangat mendukung berbagai langkah Pemerintah dengan mengimplementasikan kepada dunia usaha, pararel mengedukasi serta memberikan arahan-arahan yang sesuai agar dapat survive di tengah Pandemi COVID-19 ini.
 
Pemikiran, gagasan serta berbagai terobosan bahkan lompatan yang dibuat Kadin dengan segenap jajaran pengurus serta organisasi anggota tentunya berpulang kepada dedikasi seorang Ketua Umum. Tidak dapat dipungkiri jam terbang yang tinggi menjadikan Eddy sebagai sosok Ketua Umum yang tangguh dan sangat dibutuhkan ditengah meradangnya situasi ekonomi saat ini.
 
Jam terbang tak diragukan setidaknya ada 23 jabatan organisasi yang pernah dilaluinya hingga jabatan tertinggi saat ini Eddy berorganisasi sejak Tahun1982 tercatat sebagai Pengurus FKKT Palembang, pada Tahun1986 Sebagai Dewan Penasehat DPD KNPI Palembang, tahun 1989 sebagai Bendahara Umum DPD SPSI Sumsel, kemudian tahun 1999 sebagai Wakil Ketua Ikatan Masyarakat Sriwijaya Kaltim.
 
Kiprahnya terus berlanjut, tahun 1999 sebagai Wakil Sekjen DPP Ikatan Masyarakat Perbambuan Indonesia, pada Tahun 2005 sebagai Wakil Ketua DPP ASPEKINDO Sumsel, pada Tahun 2005 sebagai Wakil Ketua DPD ARDIN Sumsel.
 
Lalu pada tahun 2007 menyandang Wakil Ketua DPC Gabpeknas Palembang, dilanjut tahun 2008 sebagai Sekretaris Umum DPD APBI Sumsel, pada Tahun 2008 sebagai Ketua Umum DPD HAPBI Sumsel, ditahun yang sama jadi Ketua DPD AKGEPI Sumsel dan Ketua Umum LPJK Daerah Sumsel.
 
Kemudian, tahun 2010 sebagai Wakil Ketua Umum DPD APERSI Sumsel. Tahun 2014 sebagai Wakil Ketua Umum DPP AKGEPI, dan tahun 2015 sebagai Bendahara Paguyuban Jurai Semende Nusantara. Eddy juga memiliki darah seni, karenanya dia pernah didaulat menjadi Sekretaris Persatuan Artis Sinetron Sumsel. Jabatan lain yang pernah disandangnya adalah Ketua Umum IKTM Unsri. Kemudian Ketua Umum LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) Sumsel. Tidak hanya sampai disitu dia juga Sekjen DPP HIPPI (Himpunan Pengusaha Putra Indonesia).
 
Selanjutnya, sebagai Ketua Umum DPP AKKI (Ass. Kontraktor Konstruksi Indonesia), sebagai Ketua Umum Ketua Umum DPP APERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan Dan Permukiman Seluruh Indonesia) serta Tim Debat Tim Kampanye Joko Widodo-Jusuf Kalla Provinsi Sumsel. Dengan seabrek pengalaman berorganisasi tadi, agaknya karpet merah yang digelar pelaku UMKM tak berlebihan.
 
"Rekam jejak atas apa yang telah dikerjakannya selama ini, Eddy mendapat kepercayaan yang besar serta support yang kuat dari pengurus serta anggota luar biasa", papar Ketua Kadin propinsi Jawa Tengah.
 
Meski begitu, pria berpenanpilan flamboyan ini tetap rendah hati. Kepada Astrid Ester dari Perkumpulan wartawan onlinen independen nusantara (PWOIN), semua dilakukan dengan ikhlas karena bagian dari ibadah. Selama 5 (lima) Tahun Eddy membangun KADINDA Provinsi dan kabupaten/kota serta menciptakan komunitas UMKM Naik Kelas yang kini sudah diakta Notariskan.
 
" Kedepan saya akan lebih fokus membangun komunikasi dengan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/kota, yang secara paralel juga akan membangun komunikasi dengan Kementerian dan kedutaan serta beberapa investor yang ada di luar negeri, dan hal itu akan", papar Eddy. "Saya concern ke depan jika terpilih kembali menjadi ketua umum KADIN PB" pungkas Eddy (Rel/Astrid Ester)
Berita Terkait
Berita Lainnya