,
11 Maret 2020 | dibaca: 525 Kali
Seleksi Wawancara 1.194 PPS Digelar di Enam Lokasi, Berlangsung Sukses
noeh21

Mura, Skandal

KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) sukses melaksanakan tes wawancara bagi 1.194 Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan tertulis. Pelaksanaan seleksi wawancara yang dibagi menjadi enam wilayah pada Rabu (11/3) tersebut, terpantau berjalan sukses dan lancar. 

Informasi yang dihimpun Musirawas Ekspres, untuk Wilayah I yang meliputi Kecamatan Muara Beliti, TPK dan Jayaloka, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Mura, Ania Trisna, bertugas mengawal pelaksanaan seleksi wawancara yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Muara Beliti.






Ania (sapaan akrab Ania Trisna, red) menuturkan, selama berlangsungnya seleksi wawancara, KPU Mura dibantu oleh jajaran setingkat dibawahnya yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pelaksanaan tahapan seleksi wawancara tersebut. 

"Jadi yang mewawancarai itu jajaran PPK, kami (KPU) hanya mengawal pelaksanaan seleksi tersebut dari awal hingga akhir. Total peserta yang ikut seleksi wawancara untuk Wilayah I ini kurang lebih 210 orang," tutur Ania. 

Ketua KPU Mura, Anasta Tias menjelaskan, untuk Wilayah II yang meliputi Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi dan Megang Sakti, jumlah peserta yang menjalani seleksi wawancara kurang lebih 300 orang. Pelaksanaannya sendiri, kata Anasta Tias, dipusatkan di Gedung Serbaguna Kecamatan Purwodadi. 

"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh Calon Anggota PPS yang mengikuti seleksi wawancara ini. Seleksi wawancara ini, merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian seleksi yang telah dilaksanakan," ucap Anas (sapaan akrab Anasta Tias, red). 

Koordinator Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin yang mengawal pelaksanaan seleksi wawancara di Wilayah III mengatakan, pelaksaan seleksi tes wawancara ini dilaksakan selama tiga hari hingga Jumat (13/3). Untuk Wilayah III ini, kata Syarif, diikuti oleh kurang lebih 210 peserta dari 35 desa yang ada di Kecamatan 

"Dalam tes wawancara ini, kami lakukan tanya jawab seputar pengetahuan atau wawasan peserta terkait kepemiluan dan pengalaman peserta yang sudah pernah menjabat sebagai PPS sebelumnya," ujar Syarif (sapaan akrab Syarifudin, red). 

Syarif menerangkan, tugas Anggota PPS pada Pilkada Mura 2020 ini, sangat berbeda dengan pelaksanaan Pilkada Mura pada 2015 lalu. Sebab, lanjut Syarif, pada Pilkada Mura 2020 ini ada bakal calon independen atau perorangan. 

"Nantinya, setelah ada hasil dari verifikasi administrasi berkas dukungan bakal paslon independen, Anggota PPS akan melakukan verifikasi faktual langsung ke lapangan secara door to door," beber Syarif. 

Selanjutnya, terang Syarif, pengumuman hasil seleksi wawancara tersebut pada 15-17 Maret 2020 yang dilanjutkan dengan tahapan klarifikasi tanggapan masyarakat pada 18-19 Maret 2020.
"Pengumuman pasca hasil klarifikasi tanggapan masyarakat pada 20-21 Maret 2020. Setelah itu agenda pelantikan PPS pada 22 Maret 2020. Untuk masa kerja PPS di Pilkada Serentak 2020 ini, yakni selama delapan bulan, mulai 23 Maret - 30 November 2020," kata Syarif. 

Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Mura, Apandi yang mengawal pelaksanaan seleksi wawancara di Wilayah III yang meliputi Tuah Negeri, Sukakarya dan BTS Ulu menerangkan, peserta seleksi di Wilayah III berasal dari 37 desa dan satu kelurahan dengan jumlah kurang lebih 228 peserta. 

"Setelah tahapan seleksi wawancara, kami akan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan tanggapan terkait daftar nama yang diumumkan lulus seleksi wawancara ini. Tanggapan bisa langsung diantarkan ke Kantor Sekretariat KPU Mura mulai 18-19 Maret 2020,” jelas Apandi.

Untuk diketahui, turut hadir dalam seleksi wawancara hari pertama tersebut, seluruh staf dan jajaran Sekretariat KPU Mura, Sekretaris KPU Mura, H Nailul Azmi, staf dan jajaran Bawaslu Mura, perwakilan Polres Mura dan Perwakilan Kodim 0406 Musi Rawas Lubuklinggau, Musirawas Utara ( MLM) (ADV/Ed).
Berita Terkait
Berita Lainnya