,
27 Juli 2021 | dibaca: 65 Kali
[Klarifikasi] Penyesuaian Tarif Penyebrangan Sukalanting -TJ. Harapan
noeh21
Pontianak – Tabloidskandal.com
Terkait pemberitaan yang beredar di media sosial mengenai Masyarakat Terentang Menolak Kenaikan Tarif Penyebrangan Lintasan Sukalanting – Tanjung Harapan yang dimuat pada  hari Minggu tanggal 25 Juli 2021, maka setelah mendapatkan bukti lebih lanjut di lapangan, disampaikan klarifikasi sebagai berikut :
Bahwa kapal klotok yang merupakan transportasi sungai di wilayah Kalimantan Barat dalam ijin operasionalnya baik yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota maupun Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, hanya diperuntukkan untuk mengangkut penumpang dan tidak termasuk kendaraan roda dua/sepeda motor.

Atas dasar hal tersebut, DPC GAPASDAP (Gabung gan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan) Kabupaten Kubu Raya melalui surat Nomor 050/DPC-GAPASDAP/X/2/04-2020 tanggal 29 April 2020, meminta kepada PT. Jasaraharja Putera untuk dapat mengasuransikan penumpang dan kendaraan roda dua yang berada di atas kapal klotok yang diseberangkan.

Untuk hal dimaksud, PT. Jasaraharja Putera menyetujui permintaan tersebut dan pada tanggal 20 April 2021 dilakukan uji coba melalui lintasan penyebrangan Rasau Jaya - Teluk Batang, Rasau Jaya – Durian Sebatang, Rasau Jaya – Padang Tikar serta Pontianak – Teluk Batang. 

Pemberlakuan uji coba ini didasarkan kepada Surat Edaran Gubernur Kalimantan Barat Nomor 552/0932/Dishub-C.1 tanggal 16 Maret 2021 perihal Penyesuaian Tarif Angkutan Sungai Penumpang Umum, dan Peraturan Bupati Kubu Raya Nomor 87 Tahun 2020 tentang Tarif Angkutan Umum di Jalan, Sungai dan Penyebrangan Dalam Wilayah Kabupaten Kubu Raya. Di dalam tarif angkutan ini sudah termasuk didalamnya premi Asuransi Tanggung Jawab Pengangkut (ATJP) bagi penumpang, maupun kendaraan roda dua. Dan untuk sosialisasinya dilakukan Pengumuman Bersama Penyesuaian Tarif Penyebrangan Dan Premi Asuransi kapal Klotok di Pelabuhan Rasau Jaya tanggal 20 April 2021 yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Kepala Cabang PT. Jasaraharja Kalimantan Barat, Kepala PT. Jasaraharja Putera Pontianak dan Ketua DPC GAPASDAP Kabupaten Kubu Raya.

Sejalan dengan peningkatan keselamatan pelayaran kapal klotok ini, maka dilakukan penerapan lebih luas  pada lintasan penyebrangan Sukalanting-Tanjung Harapan di wilayah Kabupaten Kubu Raya dengan mengacu kepada Peraturan Bupati Kubu Raya Nomor 87 Tahun 2020. 

Untuk pemberlakuan tarif lintasan penyebrangan Sukalanting – Tanjung Harapan ini, dilakukan sosialisasi dalam bentuk Pengumuman Bersama Penyesuaian Tarif Penyebrangan dan Premi Asuransi Kapal Klotok Penyebrangan Sukalanting- Tanjung Harapan Kabupaten Kubu Raya pada tanggal 23 Juli 2021 yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Kepala Cabang PT. Jasaraharja Kalimantan Barat, PT. Jasaraharja Putera Pontianak dan Ketua DPC GAPASDAP Kabupaten Kubu Raya, dengan sistem menggunakan tiket dan manifest baik untuk penumpang maupun sepeda motor.

Demikian klarifikasi ini disampaikan untuk menjadi maklum dan perhatian semua pihak.
(Tim - RH)
Berita Terkait
Berita Lainnya