,
28 November 2019 | dibaca: 532 Kali
Dinding Stadion Utama Kendal Dipercantik dengan Mural
noeh21


Kendal, Skandal

Sebanyak 40 komunitas seniman, Rabu (27/11)  mengikuti lomba mural yang digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal  dengan objek dinding Stadion Utama Kebondalem Kendal. 

Tema dari lomba mural ini adalah “Aku Generasi Milenial Siap Menjaga Keutuhan NKRI”.  

Bima(37), seniman mural asal Sukorejo Kendal, mengatakan, sebelum menuangkan gambar ke tembok dinding Stadion, dirinya membutuhkan perencanaan yang cukup matang. Karena jika saat menggoreskan cat ke tembak yang tidak rata, hasil gambar sering tidak sempurna.

“Tingkat kesulitan yang paling tinggi adalah dinding yang tidak rata. Sehingga perlu kehati-hatian dan keterampilan khusus untuk melukis di dinding tersebut,”kata Bima. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kendal, Agung Setiawan mengatakan, lomba mural ini diadakan selama dua hari, dan resmi dibuka, Selasa (26/1/19). 

Lomba ini diikuti 40 kelompok seniman mural yang sebagian besar merupakan generasi milenial. Obyek lomba mural memilih dinding stadion karena lokasi ini, menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda.

“Kreativitas mereka perlu ditampung dan diberi ruang agar tidak sekadar coret-coret tembok yang tidak beraturan. Lomba mural ini juga untuk mengubah kesan kumuh di Stadion menjadi lebih baik dan menarik,” kata Kepala Disporapar Kendal, Agung Setiawan.

Lomba mural ini memperebutkan total hadiah Rp 15 juta. Ketentuan lomba ini, karya mural harus orisinil dan belum pernah diikutkan dalam lomba lain. Karya juga harus sesuai dengan tema, mural tidak mengandung unsur sara, pornografi dan vandalisme, dan tiap tim terdiri dari tiga hingga empat orang. 

“Kesan kumuh dan tak terawat pada dinding stadion sekilas hilang dengan gambar beraneka ragam dengan warna-warna yang cerah. Gambar-gambar mural ini bisa menjadi spot instagramabel bagi warga yang berolahraga atau menikmati suasana di sekitar stadion ini,”ujar Kepala Disporapar Kendal, Agung Setiawan.

Dengan digelarnya lomba mural ini, dinding yang tadinya terlihat kumuh, kini menjadi lebih menarik. Bahkan goresan hasil mural itu bisa menjadi spot menarik bagi yang selama ini gemar berfoto atau ber selfie.(SPW)
Berita Terkait
Berita Lainnya