,
25 September 2020 | dibaca: 22 Kali
BUPATI SUWIRTA MEMINTA PDAM & RSUD KLUNGKUNG BERGERAK CEPAT MENANGKAP PELUANG
noeh21


Klungkung, Skandal

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekda  I Gede Putu Winastra menghadiri Rapat Teknis Rencana Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung pada Kamis 24/9/2020. 

Sekda Winastra menyampaikan dalam rangka memberikan kenyamanan dan Kesejahteraan masyarakat, Pemkab Klungkung menggelar rapat dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur/SMI, untuk meminjam dana guna membiayai pembangunan infrastruktur sarana air minum dan pelayanan Kesehatan bagi masyarakat.



Perwakilan PT.SMI Nanang menyampaikan bahwa perusahaannya yang berdiri sejak 26 Februari 2009 merupakan  perusahaan pembiayaan khusus infrastruktur, yang didirikan untuk menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk mendukung skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha.

PT.SMI membiayai 10 infrastruktur dasar dan 6 infrastruktur sosial. 

Adapun 10  infrastruktur dasar tersebut adalah; ketenagalistrikan, transportasi, telekomunikasi, rollings stock kereta api, minyak & gas, energy efisiensi, air minum, jalan & jembatan, irigrasi, serta manajemen air limbah & persampahan.
Sedangkan 6 infrastruktur sosial yang dibiayai oleh PT.SMI adalah; rumah sakit, infrastruktur pemasyarakatan, infrastruktur pendidikan, infrastruktur kawasan, pasar, dan infrastruktur pariwisata.
Nanang menambahkan kriteria yang bisa mendapatkan bantuan dana dari PEN diantaranya adalah; adanya perencanaan, pengeluaran yang tercatat dengan baik, penyerapan tenaga kerja, enyerapan bahan-bahan lokal dan dampak kepada sosial ekonomi.   

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT.SMI yang sudah meluangkan waktu mengikuti rapat dengan menggunakan aplikasi video conference.

Bupati Suwirta menjelaskan alasannya melakukan pinjaman untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur sarana air minum adalah guna mencukupi kebutuhan air minum bagi wisatawan dan masyarakat di Kecamatan Nusa Penida, karena daerah ini merupakan titik ungkit Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Klungkung.

Sedangkan alasan melakukan peminjaman di bidang pelayanan rumah sakit yakni pembangunan gedung baru adalah dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat Klungkung.

Bupati Suwirta meminta PDAM dan RSUD Klungkung bergerak cepat dan dapat menangkap peluang yang ada.

“Saya optimis jika kedua sarana itu mendapatkan bantuan dari PT.SMI maka dapat menambah PAD serta meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

“Saya mengajak instansi terkait agar perhatian dan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah pusat ke Kabupaten Klungkung jangan sampai disia-siakan, mari berproses untuk menjadikan Klungkung Unggul dan Sejahtera,” ajak Bupati Suwirta.

Rapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Video Conference, turut hadir dalam rapat tersebut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung I Dewa Putu Griawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Anak Agung Gede Lesmana dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) I Wayan Wasta, serta instansi terkait lainnya. 

Sony Bali
Berita Terkait
Berita Lainnya