,
01 Februari 2020 | dibaca: 293 Kali
Aspek Legalitas dan Pengakuan BPSMB Provinsi Kalimantan Selatan.
noeh21

Banjarmasin, Skandal

Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang ( BPSMB ) Provinsi Kalimantan Selatan, mempunyai  2 (Dua) Laboratorium yang sudah mendapatkan  pengakuan secara Nasional dan Internasional ( Terakreditasi ) dari Komite Akreditasi Nasional ( KAN ) dengan menetapkan sistem manajemen SNI ISO/ 17025 - 2017. 

Laboratorium yang dimiliki BPSMB Kalimantan Selatan yaitu, : Laboratorium Kalibrasi dan Laboratorium Pengujian..

MenurutKepala BPSMB, Dr Tanwiriah, S.Kep. Ns. M.M. Kes. saat di temui di ruang kerjanya,  Laboratorium Kalibrasi BPSMB Kalsel, mendapatkan pengakuan Akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional ( KAN ) sejak bulan Oktober tahun 1997 dengan No Sertipikat Akteditasi : LK - 005 -IDN, dan telah berhasil mempertahan Akteditasi nya dengan di re - assesment oleh Komite Akreditasi Nasional ( KAN ) sebanyak 6 (  Enam kali ). 

Sedangkan Laboratorium Pengujian BPSMB, Kalimantan Selatan, mendapatkan pengakuan Akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional ( KAN ) sejak bulan juni tahun 1998 dengan No Sertipikat Akreditasi : - LP - 014 - IDN, dan telah berhasil mempertahankan Akteditasinya, dengan di - re - assesment oleh Komite  Akreditasi Nasional ( KAN ) sebanyak 5 ( Lima kali ).

 Laboratorium Kalibrasi BPSMB, Kalsel ini merupakan salah satu Laboratorium Kalibrasi yang melayani jasa teknis kalibrasi untuk pelaku usaha, baik Swasta maupun Instansi Pemerintah yang membutuhkan palayanan. 

"Keabsahan terhadap hasil pengujian atau hasil pengukuran dalam suatu proses produksi sangat ditentukan oleh akurasi dari alat ukur yang dipergunakan. Karena itu Kalibrasi peralatan secara berkala dapat menjamin akurasi dan presisi peralatan ukur," ungkap Kepala BPSMB; Kalsel tersebut.

Adapun jenis Pelayanan kalibrasi diantaranya: 1.Besaran Massa ( Csiro 2004 ) 2.Besaran Suhu,: Australian Standart ( AS ) 2853 - 1986.   3.Besaran Dimensi,: JIS B. 7802 - 1994.  4.Besaran Gaya,: ISO 7500 - 1 : 1999 (E ). 5.Besaran Tekanan,: BS 1780 - 1985,  6.Besaran Optik ; ASTM E 542 - 2001.  7.Besaran Volumetrik : 542 - 2001.                   8.Besaran Waktu,  9.Lain-lain : Operation Manual.       

 Laboratorium Pengujian BPSMB Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan salah satu Labiratorium Penguji Mutu ( LPM ) yang malayani jasa teknik pengujian. salah satu bentuk pelayanan jasa teknik pengujian untuk pelaku usaha, baik Swasta maupun Instansi pemerintah yang membutuhkan pekayanan.

 Laboratorium ini melakukan pengujian terhadap hasil komoditi, seperti karet atau Standart Indonesian Rubber ( SUR ) karet konvensional, beras,  pakan ternak dan ikan, pelastik ben dela,serta Crude Palm Oil ( CPO ) dan  Bokar.

Pelayanan jasa Laboratorium kalibrasi BPSMB Kalimantan Selatan telah teruji dan mampu melayani wilayah Kalimantan Selatan dan khususnya Banua Kalimantan. 

Bahkan juga mampu melayani pelayanan dari luar Kalimantan , di antaranya Kabupaten Halmahera Selatan di pulau Obi Provinsi Maluku Utara. mengingat kemampuan BPSMB yang dimiliki Provinsi Kalsel tersebut sudah sepantasnya Pelayanan ini di informasikan ke masyarakat luas agar mengetahui keberadaan  layanan  Laboratorium Kalibrasi dan Laboratorium Pengujian  di BPSMB di Kalimantan Selatan. ( Irwan.)
Berita Terkait
Berita Lainnya