,
08 Agustus 2019 | dibaca: 326 Kali
WABUP PATI : SMK PERLU GANDENG PERUSAHAAN
noeh21

Pati, Skandal

SMK Tunas Harapan Pati mengadakan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan PT. Karenindo Vitra Utama, terkait pemagangan siswa. Sedang dengan PT. Wijaya Karya Industri Manufaktur, untuk penyerahan sepeda motor listrik *gesits* .

Penandatanganan berlangsung di aula STM Tunas Harapan pada Rabu pagi (7/8), disaksikan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin.

Dalam sambutan, Saiful Arifin mengatakan perlu ada kerjasama semacam ini untuk membekali siswa menuju dunia kerja, setelah mereka lulus nanti.




"Sekolah perlu menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja. Dengan terjalinnya kerjasama ini, akan membuka jaringan kerja yang luas bagi siswa", ujar Saiful Arifin.

Ia berharap, ke depan dapat terus ditingkatkan dan semakin maju, guna penyerapan tenaga kerja dan memenuhi kebutuhan industri.

Saiful Arifin juga menegaskan, perlu ada perbedaan antara SMK dengan sekolah lain, yaitu kesiapan kerja bagi lulusan SMK sesuai skill atau jurusan masing - masing.

"Harus ada bedanya. Lulusan SMK menganggur, kan tidak lucu", ujarnya.

Saat ini, menurut Saiful, banyak jurusan yang menjadi pilihan siswa sesuai minat.

Misal, jurusan pertanian atau peternakan, maka siswa dengan skill ini harus mampu menjadi petani atau peternak.

Hal itu, lanjut Saiful, mengingat Kabupaten Pati secara geografis adalah pertanian, peternakan dan perikanan, sesuai slogan Pati Bumi Mina Tani.

"Sering saya sampaikan kepada generasi muda, jangan malu untuk bertani atau beternak. Sebab, itu merupakan potensi yang dapat dikembangkan dengan baik", terangnya.

Namun demikian, tambahnya, sektor industri juga berpeluang untuk maju dan berkembang di wilayah Kabupaten Pati.

Ia menyebut, ada beberapa proyek investasi yang akan beroperasi di Pati, yaitu pendirian pabrik / industri di wilayah Kecamatan Margorejo dan Batangan.

"Hanya perlu komunikasi yang baik untuk menjalin kerjasama dengan semua pihak. Dengan regulasi dan pelayanan yang baik, tentu akan menarik minat investor", jelas Saiful Arifin. (Usman)
Berita Terkait
Berita Lainnya