Tutup Menu

Ujian Tingkat DAN INKAI Bali Genjot Prestasi Tingkat Dunia

Minggu, 22 Mei 2022 | Dilihat: 117 Kali
INKAI Seluruh Provinsi Bali Mengikuti Gashuku dan Ujian Kenaikan Tingkat DAN (Zona IV Bali-Nusra) - foto istimewa
    
Pelapor: Soni Bali
Editor  : H. Sinano Esha

DENPASAR-TabloidSkandal.com ll Sedikitnya 75 karateka perguruan INKAI (Institut Karate-Do Indonesia) seluruh Provinsi Bali mengikuti gashuku dan ujian kenaikan tingkat DAN (Zona IV Bali-Nusra) yang dilaksanakan di Gedung Olahraga Lila Bhuana, Jl. Melati, Denpasar, Bali, Sabtu-Minggu (21 dan 22/5/2022).

Ujian tingkat DAN 1 sampai 3 tersebut dipimpin oleh tim penguji dari INKAI pusat, yakni Ketua Dewan Guru Shihan Harmen Lukas Tompodung (DAN 9), Sekretaris Dewan Guru Shihan Eddy Mursalim (DAN 8), serta anggota Dewan Guru Shihan Syahril Effendi (DAN 8).

Nmpak hadir Ketua Umum INKAI Bali Brig.Jen (Purn) I.G.B Alit Putra beserta jajaran, Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Bali Jro Mangku Made Supatra Karang beserta anggota, Guru Madya INKAI Dr. Maryoto Subekti, Dispora Bali Cokorda Raka, serta sesepuh INKAI Bali Sang Bagus Made Aren.

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Guru Shihan Harmen mengapresiasi Pengurus INKAI BALI yang dinilai sukses melaksanakan ujian penurunan Kyu dan ujian tingkat DAN di tengah pandemi Covid 19.

Menurut  Shihan, Pengurus INKAI dan MSH Bali sangat istimewa di mata Dewan Guru, karena telah berhasil melahirkan atlet karate kelas internasional, seperti karateka Coki.


Ujian tingkat DAN 1 sampai 3 tersebut dipimpin oleh tim penguji dari INKAI pusat

Dari ajang pesta olah raga Sea Games di Vietnam, Federasi Karate Indonesia (Forki) berhasil menyumbang empat medali emas. Yakni, tiga emas perolehan karateka INKAI, dan satu diraih Coki, karateka Bali.

“Harapan saya, semua karateka INKAI Bali bersemboyan yang digunakan oleh pencipta aliran karate kita, yaitu Gichin Funakoshi yang juga sekaligus dianggap sebagai “bapak karate modern”, beliau mengatakan: Jangan berpikir untuk menang, tap berpikirlah jangan sampai kalah,” papar Shihan Harmen.

Diakhir sambutan, Shihan Harmen menekankan pentingnya kerjasama, menjaga sinergi, dan kekompakan antara Pengurus INKAI Bali dengan MSH INKAI Bali untuk mencapai prestasi maksimal.

Terkait dengan prestasi yang didapat INKAI Bali, tidak lepas dari jasa yang telah ditorehkan para tokoh yang terlibat membesarkan organisasi tersebut. Oleh karena itu Dewan Guru memberikan penghargaan kepada Sensei Dr. H. Nurianto RS, SH, MH, MM, yakni DAN 4 Kehormatan INKAI.

Ketua Dewan Guru Shihan Harmen berkesempatan melilitkan sabuk hitam DAN 4 Kehormatan INKAI di pinggang Sensei Nurianto.

Sementara Ketua Umum INKAI Bali Brig.Jen (Purn) I.G.B Alit Putra mengutarakan terima kasihnya atas kehadiran Dewan Guru, sekaligus memimpin langsung gashuku dan ujian kenaikan tingkat DAN (Zona IV Bali-Nusra).

Alit Putra juga memberikan selamat kepada Sensei Nurianto atas jasanya meningkatkan prestasi karateka-karateka INKAI Bali.

“Kepada karateka peserta ujian, tunjukkan semangat dan disiplin kalian untuk meningkatkan prestasi, gashuku dan ujian DAN secara resmi saya nyatakan dimula,” katanya dalam sambutan.

Di tengah kesibukan acara, Sensei Nurianto dan  Sensei Nyoman Sumayasa kepada awak media mengatakan, sebenarnya INKAI Bali adalah stok lama yang kembalkani lagi. Ke depan, target INKAI Bali yang sudah baik akan menjadi lebih baik lagi.

“Dulu INKAI Bali pernah sampai ke Australia, punya dojo sendiri. Kami akan usahakan bagaimana INKAI Bali bisa lebih maju lagi, terutama persiapan menghadapi ajang PON di Aceh mendatang,” jelas Sensei Nurianto.

Sementara Sensei Nyoman Sumayasa mengingatkan, bahwa sangat pantas jika Sensei Nurianto mendapat DAN Kehormatan INKAI, lantaran jasanya membina dan mencetak atlet karate INKAI Bali dari dulu.

“Terus terang, saya bisa menjadi atlet karate INKAI, juga karena jasa dan bimbingan Sensei Nurianto, Oss…” jelasnya.

 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com