,
26 Februari 2020 | dibaca: 183 Kali
Satpol PP Mura Lakukan Pembaretan
noeh21

Musi Rawas Skandal

Sekitar 11 Personil  anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan 68 Personil Pemadam Kebakaran Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan bakal digembleng ketrampilannya,serta prosesi pembaretan yang dilaksanakan di Perkantoran Satpol PP Mura , Rabu , (26/02/2020).

Hanya saja,bagi personil yang dinyatakan tidak lulus ,akan diberhentikan kontraknya Kabupaten Musi Rawas (Mura) mendapatkan tambahan dua mobil pemadam kebarakan (damkar) melalui anggaran tahun 2019.





Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Musirawas, Marsono mengatakan, dua unit damkar produksi Hino itu cukup canggih, bahkan dirancang bisa menerobos kepungan api.

"Tahun ini kita mendapat tambahan dua unit kendaraan Damkar yang diadakan melalui amggaran 2019 lalu. Kendaraan damkar kita ini cukup canggih, bahkan bisa menereobos kepungan api," kata Marsono, Satpol PP dan Damkar yang selesai menjalani pelatihan, di halaman kantor Satpol PP dan Damkar Pemkab Mura.

Dikatakan, kendaraan damkar Musirawas yang baru ini memang dirancang bisa menerobos api.

Karena, hampir diseluruh sisi bodi kendaraan tersebut dipasang alat yang bisa menyemprotkan air keseluruh arah.

Sehingga ketika masuk kedalam lokasi yang kebakaran, alat tersebut bisa difungsikan menyemprotkan air untuk menghindari jilatan api.

Dijelaskan, selain dilengkapi dengan alat penyemprot air sehingga bisa menahan api, kendaraan tersebut juga memiliki peralatan radio yang cukup canggih.

Bisa kontak dengan seluruh personil dalam kabupaten, bahkan hingga keluar daerah tanpa biaya pulsa.

Terkait dengan antisipasi kebakaran di Musirawas, Marsono mengatakan, pihaknya sudah membentuk satu posko induk dan tiga posko pelayanan yang tersebar dibeberapa wilayah Musi Rawas.                       
Pemasangan baret oleh Bupati Musi Rawas H.Hendra Gunawan yang didampingi Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Musi Rawas, kegiatan ini dilaksanakan meningkatkan ketrampilan dan kepekaan anggota serta  menumbuh-kembangkan jiwa korsa anggotanya.

Dikatakan Marsono, peran Satpol PP dalam mengamankan Peraturan Daerah (Perda) dan penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga para anggota Pol PP dan Damkar diharapkan memiliki kemampuan dan profesionalisme yang memadai sehingga dapat mengawal Visi  Musi Rawas SEMPURNA.

Kasat Pol PP Mura  Marsono dalam kesempatan acara ini" Penggemblengan guna memahami bahwa mendapatkan baret itu tidak mudah.

“Ini bertujuan untuk membentuk anggota Satpol PP yang mempunyai sikap, mental dan jiwa korps yang tinggi serta mempererat kekompakan. Sehingga memudahkan dalam menjalankan tugas terutama dalam tugas  penegakan Perda serta menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,"imbuhnya.(ed).
Berita Terkait
Berita Lainnya