,
14 September 2020 | dibaca: 222 Kali
Ratusan Warga Terdapak Kekeringan Terima Bantuan Air Bersih.
noeh21


Rembang, Skandal

Ratusan warga di kota garam Rembang mulai merasakan kekeringan akibat kemarau panjang. Warga Desa dari berbagai daerah kini  kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

 Kekeringan secara masif melanda 22 desa di 10 kecamatan. Upaya untuk  mengatasi dampak kekeringan yang semakin meluas, Tim Harno- Bayu tanggap droping air bersih untuk membantu ratusan warga di Desa Piranti, Kecamatan Sulang yang sebulan terakhir kesulitan air bersih. 

Menyadari dampak kekeringan yang kian meluas setelah mengantongi data Tim Harno-Bayu bergerak  mendroping air bersih menyisir daerah yang lain  di 11 Kecamatan di Rembang. 

Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap warga khususnya kaum ibu yang terdampak kekeringan.

Aksi sosial Harno dan istri menuang air dalam jerigen warga di Desa Pranti Kecamatan Sulang menyedot perhatian dan antusias warga. Harno dan istri tak canggung menuangkan air ke dalam puluhan juregen milik warga yang tengah mengantri. 

Perwakilan Bhina Raharja Grub Supana mangatakan bantuan kali ini didukung sepenuhnya Bhina Raharja Grup yang tiap musim kemarau rutin memberikan bantuan air bersih di seluruh Kabupaten Rembang. 

"Jumlah air yang kita ingin bantu penuh dan tulus," katanya. 

Seperti tahun lalu, karena musim hujannya mundur, pengiriman air bersih diberikan bulan Agustus sampai Desember. Setiap hari ada empat bahkan sampai enam armada. Satu armada bisa empat kali. Dengan kapasitas air 6 ribu liter. 

 "Kebetulan tahun ini Pak Harno ikut langsung menuangkan di jerigen bagi Desa Pranti," ungkapnya. 

Sesuai jadwal selanjutnya di Desa Landoh begitupun seterusnya. "Yang pasti ketika ada permintaan dijadwalkan. Sampai nanti Rembang mulai turun hujan atau sampai dibutuhkan lagi. Kami ingin meringankan beban dari warga masyarakat. Paling tidak beban ibu-ibu," ujarnya.

 Pantauan wartawan skandal.com di lapangan. Sejumlah 22 desa yang mengalami kekeringan berada di 10 kecamatan. Masing -masing Desa Banggi di Kecamatan Kaliori, Desa Pranti, Pedak, dan Landoh di Kecamatan Sulang. Desa Sendangasri, Sendangcoyo, Selopuro, Tasiksono, Binangun, Ngemplak, Dasun dan Sriombo. Di Kecamatan Lasem. Desa Woro dan Desa Sendangwaru  di Kecamatan Kragan. Desa Ketangi di Kecamatan Pamotan.Desa ngotet, Turus Gede, Tritunggal di Kecamatan Rembang. Desa Lemah Putih. Di Kecamatan Sedan. Desa Pinggan di Kecamatan Bulu. Desa Tlogotunggal di Kecamatan Sumber. Desa Kedung dan Kecamatan Pancur (Sutrisno/Gito).
Berita Terkait
Berita Lainnya