,
20 Agustus 2018 | dibaca: 356 Kali
PUPR Tangerang Bangun Jalan dan Usir Banjir
noeh21
Kepala Dinas PUPR Tangerang, H. Nana Tresyana
Jakarta Skandal

Program Tangerang Usir Banjir, bukan sekadar jargon. Apalagi pencitraan. Lihat saja gawean Dinas  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tangerang dalam menanggulangi banjir.

Sejak Program Tangerang Usir Banjir 2014, tercatat ada 98 pembangunan draise dilakukan dan sembilan lokasi pusat pengendali banjir.

Sedang di 2O15 dilakukan pembangunan embung sebanyak satu buah dan lima pusat pengendali banjir. Begitupun di 2O16 melakukan 25 pusat pengendali banjir dan 472 ruas drainase.

Lalu di 2O17, kembali melakukan pembangunan 497 ruas drainase dan 18 lokasi pusat pengendali banjir.

Selain membangun dranaise  Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga menargetkan pembangunan jalan lingkukan di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang juga menyelesaikan bulan Juni 2018.

Bahkan, di tahun ini juga, Dinas PUPR akan menyelesaikan pembangunan jalan lingkungan dengan panjang 64,4 KM dengan anggaran Rp 58 milyar untuk seluruh Kota Tangerang.

“Untuk pekerjaan jalan lingkungan biasanya cepat di selesaikan dan tidak ada kendala, mudah-mudahan di bulan Juni 2018 sudah diselesaikan,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang,Nana Tresyana.

Adapun usulan mengenai jalan lingkungan, kata Nana yakni berdasarkan usulan dari Musrembang dan Keluruhan. Lalu, usulan tersebut di saring dan di rekap oleh Kecamatan, kemudian di usulkan ke Bappeda Kota Tangerang melalui efiling.

“Jadi usulan itu melalui internet dan tidak lagi memakai sistem yang manual. Sebab, hal itu untuk memudahkan dan memonitoring program atau kegiatan yang sudah di usulkan oleh masyarakat,” paparnya.

Nana menambahakan, berdasarakan pendataan awal jumlah total jalan lingkungan di Kota Tangerang adalah 3200 KM. Hampir semua sudah di laksanakan, walaupun masih ada sisa yang harus ditangani dengan membutuhkan biaya Rp 400 milyar.

“Memang jalan lingkungan terus bertambah sesuai dengan pertumbuhan kota, tapi kita akan terus layani selagi menjadi program Pemerintah Kota Tangerang. Kita juga lakukan perbaikan yang rusak dengan memasang tim pemeliharaan di tiga lokasi yakni, wilayah tengah, timur dan barat,” jelas Nana, menyebut dalam waktu 5 tahun kedepan jalan lingkungan di Kota Tangerang akan selesai. (Adv.fm/Panji)
Berita Terkait
Berita Lainnya