,
08 Oktober 2019 | dibaca: 171 Kali
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR SOSIALISASI PENGOBATAN GRATIS KODIM 1507 SAUMLAKI DALAM GIAT TMMD
noeh21


Sumlaki, Skandal 

Kegiatan TMMD ke 106 Tahun 2019 , oleh Kodim 1507 selasa, 08/10 /2019, di Desa Bomaki kecamatan Tanimbar selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar Propinsi Maluku.

Dalam kegiatan TMMD  tersebuat berupa fisik maupun non Fisik yang melibatkan Pemda, Polres dan masyarakat setempat, yang berjumlah 200 orang lelbih terdiri dari 95 orang anggota TNI, 15 orang anggota Polri, 11 orang dari Pemda dan kira-kira 150 orang dari masyarakat setempat.

Sementara itu  kegiatan fisik yang dikerjakan di Desa Bomaki berupa enam (6 ) unit Rumah Layak Huni (RLH) telah diselaisaikan rata-rata 25% dengan ukuran 7×5 m persegi dan 17 unit jamban telah diselaisaikan rata-rata 30%  dengan ukuran 2×1,5 m persegi sedangkan pekerjaan saluran Drenase sendiri telah diselaisaikan 95% dengan ukuran 200×40cm tinggi 50cm.

Sedangkan di Desa Lermatan pekerjan hingga saat ini telah diselaisaikan 8 buah Rumah layak huni rata-rata 40% sedangkan penyelaisaian jamban rata-rata 35% siap sementara pekerjaan Saluran Drainase yang suda siap 65% dengan ukuran 300×4cm tinggi 50cm.

Selanjutnya kegiatan TMMD Non Fisik yang di lakukan di Desa Bomaki berupa Pengobatan gratis, Penyuluhan Kesehatan, dan pengenalan dasar-dadar Pengetahuan Baris Berbaris bagi siswa sekolah dasar SD Naskat Bomaki.

Turut hadir dalam acara kegiatan tersebut adalah Dandim 1507, Letkol. Inf. Rahmat Saerudin, Pjs Pasiter Lettu Deni Wakim, Kadis PPA Ny. Selpi E. Hukubun S.sos, Kabid PMD Helena Tomahu.Kasi PA. Ance Titirloloby, Besikes 734/SNS Sertu S. Kasale, Basiker Dim 1507 Slk Serka M. Mareng, Kapolides Rosaline Ivakdalam dan Bidan Desa Astri Lehalima serta Kades Bomaki Virgilius Lamere.

Selasa pukul 08 wit disemkolah SD Naskat Bomaki Anggota TNI memberikan pelatihan dasar PBB oleh serda Robert dari koramil 1507-2 Saumlaki, Partisipasi dan antusiasi siswa cukup tinggi. karena siswa merasa hal baru  yang bisa di ikutsertakan dalam latihan baris berbaris tersebut, begitu pula dengan para guru yang sangat berterima kasi kepada TNI dalam giat Tentara Manunggal masuk Desa yang bisa membimbing siswanya untuk pengetahuan baris berbaris.

Sedangkan di Balai Desa Bomaki Taninbar Selatan dilakukan penyuluhan KB Kesehatan, perlindungan Perempuan dan Anak serta pengobatan Gratis oleh Tim Medis. Dalam kegiatan sosialisasi dan pengobatan gratis tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dan lansia dimana selama ini, di Desanya masih kuarang fasilitas penunjang kesahatan yang membuat mereka harus berobat ke kota kabupaten walaupun transportasi darat suda lancar. 

Masyarakat setempat merasa berterima kasih kepada TNI Kodim 1507 dimana telah membantu masyarakat yang tidak mampu dalam kegiatan TMMD, sehingga  bisa medapatkan penyuluhan dan pengobatan gratis seperti saat ini. (***)
Berita Terkait
Berita Lainnya