,
09 Oktober 2019 | dibaca: 372 Kali
Lurah Tegal Parang Pro Aktif Temukan Masalah Warga
noeh21
Jakarta, Skandal

Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan  PSN dan JUMAT keliling yang dilakukan dua kali dalam seminggu, hari Minggu dan Jum'at.

Dalam kegiatan itu lurah dan rombongan  yang terdiri dari Babinsa. Babinkamtibmas, LMK, RW, RT, Ka Puskesmas, Para Kader PKK dan JUMANTIK melakukan kunjungan door to door ke rumah rumah warga. 

Mereka mencari tahu berbagai permasalahan yang dihadapi oleh warga, pengurus RT dan Para Kader di lingkungan setempat untuk membantu warga, pengurus RT dan Para Kader Jumantik dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di wilayahnya.

"Kami  juga melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga yang sedang sakit. Di situ kami langsung memberikan pelayanan baik advice maupun  kesehatan langsung Kepala Puskesmas," tutur Lurah Achmad Yani, S.Sos dalam obrolan ringan dengan Skandal.

Menurut Lurah, dengan menjemput bola ini, ditemukan beberapa persoalan yang muncul. Di antaranya masalah ODGJ (Orang Diduga Gangguan Jiwa), masalah Administrasi Kependudukan ( eKTP ), masalah keberadaan hewan Unggas yang di komplain warga,  masalah rumah kost / warga yang sulit didatangi atau diperiksa oleh Kader Jumantik.

"Banyak lagi masalah  lainnya seperti masalah parkir liar, sampah dan lain sebagainya," lanjut Lurah Tegal Parang. 

Menurut dia, temuan -temuan masalah tersebut bisa langsung ditangani / diselesaikan di tempat saat itu juga.

 "Langsung diselesaikan dan untuk masalah masalah lain yang bukan menjadi kewenangan saya,  akan dilakukan  koordinasi dengan instansi terkait demi solusi," jelas lurah.

Misalnya,  saat Rapat Mingguan, yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin di tingkat kecamatan. "Alhamdulillah setiap masalah yang ditemukan pada saat kunjungan door to door ke rumah- rumah warga, selalu saja dapat di selesaikan dengan baik dalam waktu yang singkat. Ini bisa terwujud berkat dukungan Pak Camat Mampang Prapatan, Bapak Nasrudin Abu Bakar dan teman teman dari Instansi sektoral terkait," tutur Lurah Achmad Yani.

Menurutnya,  memberikan pelayanan yang baik itu dapat dilakukan asalkan tahu dulu berbagai masalah  yang dihadapi oleh warga. 

"Untuk itu kita harus turun langsung bersilaturrahmi ke rumah rumah warga yang rutin kami lakukan di setiap kali pelaksanaan PSN dan Jumat Keliling dimana pada forum itu RT dan RW kami wajibkan untuk melaporkan berbagai permasalahan yang dihadapi di lingkungan," tambahnya lagi.

Paling penting, selalu berusaha  membantu menyelesaikan apapun masalah warga dengan secepatnya. 

"Di forum itu juga sekaligus kami laksanakan penyuluhan tentang kesehatan oleh Kepala Puskesmas Kelurahan Tegal Parang,  sosialisasi tentang bahaya kebakaran  dari Dinas Kebakaran. Itu rutin kami lakukan," ujar Lurah Tegal Parang, Achmad Yani. S.Sos.mengakhiri.
Berita Terkait
Berita Lainnya