,
26 Agustus 2021 | dibaca: 133 Kali
KSBN Dukung Gelaran Ruwatan Bumi Nusantara
noeh21
Drs. Hendardji Sopendji, SH
TabloidSkandal.com-Jakarta
Sejumlah tokoh dan budayawan akan melaksanakan gelaran ruwatan sebagai wujud rasa syukur atas segala karunia Tuhan yang telah diberikan bagi bangsa Indonesia. Dan berdoa agar pandemi segera selesai, sehingga Bumi Nusantara kembali bersih.
 
Ruwatan Bumi Nusantara, akan dilaksanakan tanggal 27 Agustus 2021, di pendopo lebak wangi garden pamagarsari, Jalan Raya Parung Bogor, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
 
Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantar (KSBN), Drs. Hendardji Sopendji, SH mendukung penuh acara ruwatan bumi nusantara tersebut.
 
“Gelaran ruwatan harus dilestarikan dan diwarisi generasi penerus bangsa. Di sisi lain, program penguatan karakter harus dilakukan sejak dini, guna melahirkan generasi masa depan yang cemerlang.” Harap Hendardji.
 
Lebih lanjut Hendardji mengatakan, program nguri-nguri budaya seperti ini sangat penting guna lebih menguatkan kecintaan terhadap budaya leluhur bangsa yang adiluhung (bernilai tinggi).
 
“Ruwatan merupakan ritual khusus yang bertujuan untuk membersihkan diri dalam tradisi Jawa,  namun ruwatan makin terkikis oleh budaya praktis. Padahal tradisi ruwatan memiliki makna mengajar manusia untuk membersihkan diri, berbuat baik, berhati-hati dan menghindarkan diri dari perbuatan tercela.” Tandas Hendardji.
 
Sementara itu, perwakilan dari Panitia, Joko Dewo, mengungkapkan bahwa pagelaran ini merupakan wujud kepedulian anak bangsa. “Kita kumpul dan berdoa bersama, memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar Indonesia yang kita cintai ini cepat pulih dan kembali sedia kala,” jelas Joko Dewo. (n0e)
 
Berita Terkait
Berita Lainnya