,
25 Agustus 2019 | dibaca: 357 Kali
Keluarga Kei di Rantau Selalu Harmonis
noeh21


Papua Barat, Skandalz

Ibadah perseketuan warga masyarakat Evav atau yg selalu di sebut Kei di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, selalu menjaga keharmonisan dan penuh toleransi.

"Jadi 100 persen selalu harmonis," tegas Stevi Balubun saat memimpin ibadah Persekutuan  Suku Kei di SP 4 Jalur 2 di kediaman keluarga Rahakbauw, 25/08. 

Menurut Balubun yang juga anggota DPRD Teluk Bintuni periode 2019-2024, tradisi persekutuan orang Kei ini sejak dalam dahulu kala hingga saat ini selalu menjaga kerukunan di manapun berada tetap terbentuk kerukunan keluarga besar Kei.

"Bukan saja di Indonesia, tapi sampai ke Belanda," ujar Balubun.




Selain itu,  lanjut Balubun,  tradisi adat budaya orang  Kei (Evav) yang sudah di janjikan sejak dari leluhur hingga generasi ini cuma ada 2 hal. Pertama, mati karena batas tanah dan kedua, mati karena sanak saudara.

"Saya sangat apresiasi buat keluarga besar Kei atau Evav yang ada di Teluk Bintuni dalam persatuan dn kesatuan,' ungkap Balubun.

Sekadar contoh, Balubun menyebut kesepakatan  keluarga besar Kei di Teluk Bintuni setiap bulan k
merayakan ibadah bersama,

"Bulan ini kalau ibadah di keluarga muslim, berarti di pimpin oleh basudara muslim. Begitu pula bulan berikut di basudara Protestan di pimpin oleh basudara Protestan, hingga basudara Katolik hal yang sama," tambah Balubun.

Bahkan, demi menjaga kebersamaan, setiap selesai ibadah kebersamaan dilakukan doorprize. Karena itu, setiap ibadah diwajibkan daftar hadir agar setiap bisa dapat di datakan keseluruhan warga masyarakat Kei di Teluk Bintuni. 

Balubun merasa puas atas kehadiran warga Kei yang ikut ibadah sekitar 400 orang. Mereka walau jauh, tapi kebersamaan selalu terjaga. 

Dia juga berharap, kerukunan keluarga Kei di rantau seyogianya terdafyar di Kesbangpol.
"Sebab perkumpulan ini terdiri dari Ketua,  Sekretaris, Bendahara dan seksi seksi lain," jelas Balubun.

Di jajaran pengurus, orang nomer 1 di Teluk Bintuni juga masuk sebagai penasehat di kerukunan keluarga besar Kei di Teluk Bintuni. Dia juga tercatat sebagai  salah satu putra dari Kei (Evav)

Di  Perkumpulan Keluarga Kei, ada juga perkumpulan perempuan Kei. Dengan begitu, baik istri, nenek, semua di wajibkan untuk bergabung dengan keluarga Kei. 

"Kalau ada suka maupun duka, kami keluarga Kei selalu sehati seiring sejalan. Tidak pandang bulu,' tutur Balubun mengakhiri. (MI)
Berita Terkait
Berita Lainnya