Tutup Menu

Kapolda Kalbar Paparkan Rencana Pembangunan Sekolah Polisi Negara Di DPRD

Rabu, 16 Januari 2019 | Dilihat: 637 Kali
    

Pontianak, Skandal

Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Didi Haryono memaparkan rencana Pembangunan Gedung SPN Polda Kalbar di Kota Singkawang, di Gedung DPRD Kalbar, Selasa (15/1).

Dalam pemaparannya, Kapolda didampingi Gubernur Kalbar H .Sutarmidji, Wakil Ketua DPRD Kalbar, H. Suriansyah, Ermin Elviani, Hj Suma Jenny dan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.




Menurut Kapolda,  saat ini Gedung Sekolah Kepolisian Negara (SPN) sudah tidak memadai. Apalagi  berada di tengah Kota Pontianak, tidak representatif dan giat lapangan jarak tempuh jauh.

“Luas lahan SPN saat ini hanya 14,875 M2 sudah tidak efektif dan efisien untuk giat pendidikan dan latihan,” papar Irjen Pol Didi Haryono di Gedung DPRD Kalbar. 

Kapolda  juga menerina hibah lahan untuk dibangun Gedung SPN Polda Kalbar dari Pemerintah Provinsi Kalbar. “Kapolda Kalbar telah menerima dari masyarakat hibah sebesar 40 hektar lahan untuk bangun Gedung SPN Polda Kalbar di Kota Singkawang,” jelasnya.

SPN secara struktural dibawah Kapolda dan secara fungsional langsung berada di bawah Kapolri cq Kalemdiklat Polri.  

“Luas tanah keseluruhan milik SPN 44.070 M2. Sedang luas tanah yang digunakan untuk Mako dan Operasional SPN 14,875M2. 700 M2 untuk Diklat,” ujarnya.

Dijelaskannya, lahan yang akan dibangun Gedung Mako SPN  berada di Jalan Conglongkong RT 10 RW 04 Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. 

“Luas lokasi 40 Ha, lokasi I seluas 9,1 Ha dan Lokaso II seluas 30,9 Ha. Total keseluruhan tahap I sebesar Rp 155.268.047.300,” katanya lagi.

Kemudian pembangunan Gedung SPN tahap II sebesar Rp 185.117.521.500. sehingga total anggaran untuk pembangunan Gedung SPN sebesar 340.385.568.000. 

Juru bicara Fraksi PDIP DPRD Kalbar Martinus Sudarno menyatakan DPRD Kalbar mendukung sepenuhnya pembangunan Gedung SPN  di Kota Singkawang.

 “Kapasitas SPN sekarang sudah tidak memungkinkan untuk menjadi Gedung SPN dalam membentuk kepolisian yang profesional,” ucap Martinus Sudarno.

Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalbar melalui masing-masing juru bicaranya Prabasa Anantatur dan Tanto Yakobus mendukung sepenuhnya pembangunan Gedung SPN Polda Kalbar di Kota Singkawang. (RH)

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com