Tutup Menu

Destinasi Wisata Situs Candi Agung Kalsel Diserbu Pengunjung

Selasa, 10 Mei 2022 | Dilihat: 32 Kali
Ribuan Pengunjung Serbu Situs Candi Agung Kalsel Selama Sepekan Liburan Idhul Fitir 2022 (foto istimewa)
    
Pelapor : Irwansyah
Editor   : H. Sinano Esha

AMUNTAI –Tabloidskandal.com ll Kunjungan masyarakat ke Situs Kepurbakalaan Candi Agung yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel), selama sepekan liburan Idhul Fitri 2022 jumlahnya terus meningkat. Tempat yang satu ini memang sudah sejak lama menjadi destinasi wisata bagi mereka yang berkunjung ke kawasan Kabupaten HSU.

Menurut H. Ismail, pelaksana tugas (Plt) Kepala UPT Candi Agung, pihaknya mencatat selama H+3 Idhul Fitri 2022 jumlah pengunjung sudah mencapai 6.500 orang. Dalam sehari situs tersebut dikunjungi masyarakat tak kurang dari 2.000 orang.

“Pengunjung bukan warga Kalsel saja, tapi juga dating dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan pulau lainnya. Jam operasional kami dari pukul 08.00 hingga 16.00 Wita,” jelas H. Ismail.

Tujuan berkunjung, lanjutnya, selain ingin melihat dan pelajari situs kepurbakalaan yang ada di Kalsel, juga tak jarang wisata religi dan lainnya.

Dikatakan H. Ismail, melihat begitu besarnya animo masyarakat terhadap situs Candi Agung, pihaknya menargetkan pendapatan dari tiket masuk sebesar Rp 40 juta dalam sepekan.

“Seluruh hasil penjualan tiket kami setorkan ke pihak Bendahara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSU, selanjutnya ke kas Pemerintah Kabupaten HSU. Jika melihat membludaknya pengunjung pada akhir pekan, insyallah target kami tercapai,” paparnya.

Lebih jauh dikatakan, pihaknya sejak jauh hari telah mengantisipasi ledakan pengunjung dengan berbagai fasilitas. Misalnya, menambah area parkir kendaraan lebih luas dari sebelumnya, memperbaiki sarana ruang pembersih seperti toilet, serta pengamanan dari pihak kepolisian setempat.

“Kami tak ingin mengecewakan pengunjung, karena itu berbagai layanan berusaha ditingkatkan,” ungkap H. Ismail. (Sumber Diskominfo HSU)
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com