,
05 Januari 2021 | dibaca: 265 Kali
Deklarasi Open Defecation Free
noeh21
Kubu Raya – tabloidskandal.com
Bertempat di kantor Desa Teluk Kapuas Kecamatan Sungai Raya Kalbar Selasa, 5/01/21. Dalam Acara Deklarasi Desa ODF. (Open Defecation Free) yang dihadiri Oleh Bapak Bupati Kubu Raya berserta Istri, Kadis Kesehatan Bapak H. Marijan M.Kes, Camat Sungai Raya, Kapolres Kubu Raya yang mewakili Dan Ramil Sungai Raya, SKPD, unsur Kepala Desa Kecamatan Sungai Raya, tokoh Adat, masyarakat serta ibu PKK Desa Teluk Kapuas.
 
Muda Mahendrawan mengatakan Kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang yang merupakan menjadi tanggung jawab kita bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah, termasuk pemerintah desa itu sendiri.
 
“ODF Adalah Open Defecation Free yang berarti kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Desa ODF adalah desa yang sudah mencapai ODF dan 100% rumah tangga memiliki akses ke jamban yang sehat" Ungkap Bupati
 
"Ditempat yang sama Abdul Halim Kepala Desa Teluk Kapuas Kecamatan sungai raya, juga saat diwawancarai oleh awak media mengatakan, kita sudah mensosialisasikan kepada masyarakat tentang larangan " seperti buang Air besar sembarang yang berada dalam wilayah Desa Teluk Kapuas.
 
“larangan buang air besar dialiran sungai, irigasi maupun non irigasi, kolam selokan serta tempat terbuka lain nya. Larangan membuang mengalirkan langsung limbah WC ke saluran terbuka seperti sungai, Kolam parit, selokan dan lahan terbuka. Larangan membuang popok, Pempes bayi disungai, membuang limbah ternak dialiran sungai dan lain lain nya" Ujar Abdul Halim.
 
sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Peraturan Desa ini menjadi pedoman dalam penyelenggara Pemerintah Desa. Hal hal yang belum cukup diatur dalam Peraturan Desa ini akan diatur lebih lanjut oleh Kepala Desa.
 
Peraturan Desa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, agar setiap warga masyarakat Desa Teluk Kapuas Kecamatan Sungai Raya mengetahuinya.
 
“Pengundangan Peraturan Desa ini dengan penempatannya dalam lembaran Desa Teluk Kapuas" Tuturnya.
(Red – RH)
 
Berita Terkait
Berita Lainnya