,
03 November 2019 | dibaca: 227 Kali
Danlantamal IX Ambon Imbau Lestarikan Penyu
noeh21
Ambon, Skandal

Melengkapi kunjungan kerja di Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki Kab. Kep. Tanimbar, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Ambon Laksamana Pertama (Laksma) TNI Budi Purwanto S. T., M.M menghimbau dan mengajak nelayan dan masyarakat pesisir untuk menjaga dan melestarikan Biota spesies langka penyu laut (Sea Turtle) dengan tidak menangkap serta membiarkan hidup dan menjaga keasrian, kebersihan dan keindahan perairan laut kepulauan Tanimbar, Sabtu (02/11/2019).


​​​​​​

Pelepasan penyu itu diikuti oleh masyarakat desa pesisir, nelayan dan Pramuka Saka Bahari binaan Lanal Saumlaki. Diharapkan  pelepasan penyu secara simbolis oleh Danlantamal menjadi motovasi masyarakat dan nelayan menjaga kelestarian penyu laut spesies langka tersebut,  menjaga keasrian laut sehingga menjadi pesona daya tarik wisata bahari yang menarik baik bagi turis lokal maupun manca negara.

Penyu-penyu yang dilepas itu karena terperangkap oleh kapal nelayan yang mencari ikan menggunakan alat tangkap jaring, kemudian diserahkan dan diamankan oleh personil Lanal Saumlaki saat melaksanakan patroli keamanan laut (Kamla) terbatas  di wilayah perairan laut Saumlaki

Dalam kesempatan tersebut Danlantamal juga menghimbau untuk tidak mengkonsumsi dan memperjual belikan penyu yang merupakan biota spesies hewan langka, dilindungi berdasarkan PP No 7 Th. 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa serta UU No 5 Th. 1990 tentang Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Aspotmar Danlantamal IX Ambon Kolonel Marinir Nanang Purwoko, Kadifaslan Lantamal IX Ambon Letkol Laut (KH) Jamaluddin, S.T, dan Para perwira dan staf Lanal Saumlaki serta Ketua Jalasenastri Cabang IX Ambon Ibu Dhiyah Kusumawati S. Psi, Ibu Aspotmar Danlantamal IX Ambon Ibu Nanang Purwoko dan Ketua Jalasenastri Korcab III Cabang IX Ibu Eny Hartanto, Prajurit Lanal Saumlaki, Ibu - Ibu Jalasenastri Korcab III Cabang IX dan Pramuka Saka Bahari Lanal Saumlaki. (***)
Berita Terkait
Berita Lainnya