,
09 Maret 2021 | dibaca: 322 Kali
Akademi Militer (AKMIL) Terlihat Gagah Setelah Gapura Selesai Di Renovasi
noeh21
Magelang – tabloidSkandal.com.
Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) bersama Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Sumarsono, S.H. beserta perwakilan Alumni Akabri '72 meresmikan pemugaran Gapura, Rumah Jaga, Patung Taruna dan Taman Damarwulan di pintu satu Kesatrian Akmil Magelang, Selasa (09/03/2021)
 
Mengawali sambutan LetjenTNI (Purn) Sumarsono menguraikan, ”kami Alumni Akabri 72 (Bes) yang telah membangun Gapura, Rumah Jaga, Patung Taruna dan Taman Damarwulan. Alasan kami membangun Gapura ini kita mengawali menjadi perwira dan mengakhirinya dari Gapura pintu 1 Akademi Militer ini, bertitik tolak dari ini kita memprakarsai membangun ini. Alumni Akabri 72 (Bes) Enam Sembilan menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada Gubernur Akmil yang telah menyeselesaikan pembangunan ini.”
 

Selanjutnya Gubernur Akmil menyampaikan, ”di awal tahun 2021 ini Kesatrian Akademi Militer tampil dengan wajah baru, yaitu dengan dipugarnya Gapura Utama Kesatrian, Rumah Jaga memperbaiki tampilan Patung Taruna (Babader) dan mempercantik Taman Damarwulan agar Akmil biar lebih berwibawa.”
 
Gubernur Akmil dalam penjelasannya ”bahwa pintu satu masuk Akmil mempunyai filosofi, tiang penyangga terdiri dari tujuh pilar yang artinya Sapta Marga merupakan harga mati bagi prajurit dan Pitulungan (pertolongan) serta Pitutur (Petuah), mari saling menasehati dan saling menolong satu sama lain. Untuk pilar di atas ada tiga tingkat mengadung filosofi Tanggap, Tanggon dan Trengginas, serta saling (Asah, Asih dan Asuh) juga filosofi dari syekh Subakir Sopo Salah Seleh. Yang di atas ada Maskot stupa Borobudur yang artinya Borobudur berada di wilayah Magelang (yang didalamnya ada Akademi Milter).”
 
Gubernur Akmil sebelumnya telah berkoordinasi dengan Walikota Magelang, Dr Azis ”mudah -mudahan Pemkot Magelang berkolaborasi dengan Akmil, kami punya even-even Nasional, kita kelola bersama, kita besarkan bersama dalam rangka Akmil dan Magelang ini maju.”
 
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita semua, dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.
 
"Dalam kegiatan tersebut hadir Letjen TNI (Purn) Darsono, Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, Walikota Magelang, di damping Sekda dan anggota DPRD, serta Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Thomas, Ketua dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS. Akmil, para pejabat Distribusi Akmil, Kapolres kota dan Kab. Magelang Perwakilan Taruna, perwakilan Organik Akmil dan para tamu undangan yang lain.” Humas Akmil
(SM)
Berita Terkait
Berita Lainnya