Tutup Menu

Gegara Upah, Buruh Gugat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Jumat, 11 Maret 2022 | Dilihat: 88 Kali
Aksi Buruh Mendesak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Terkait UMK Dianggap Merugikan (foto istimewa)
    
Pelapor : Ahdiyat
Editor   : H. Sinano Esha

SEMARANG –Tabloidskandal.com ll Merasa dirugikan dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah No: 561/39 Tahun 2021 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota(UMK) , buruh yang tergabung pada Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mengajukan gugatan kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang.

Federasi pekerja metal itu merupakan bagian dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Wilayah Jawa Tengah.  Agenda persidangan gugatan itu sendiri sudah pemeriksaan persiapan, Rabu (9/3/2022).

Menurut Aulia Hakim, Sekretaris KSPI Jateng, keputusan terkait upah minimum 2022 sangat merugikan pekerja dan buruh di kawasan Jateng. Dan SK yang dianggap merugikan itu mesti dicabut.

“Dikembalikan pada penetapan upah sebelum pemberlakuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Apalagi Mahkamah Konstitusi (MK) pada putusannya menyatakan,  Undang-Undang Cipta Kerja bersifat inkonstitusional bersyarat dan harus diperbaiki," paparnya, seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (9/3/2022).

Aulia berharap, keputusan Gubernur Jawa Tengah harus dibatalkan dan tidak berlaku. Seyogianya PTUN Semarang diharapkan memberikan rasa keadilan kepada buruh dan pekerja Jateng, yakni dengan membatalkan SK terkait upah minimum tersebut.
 
Pada tahap pemeriksaan persiapan, pihak PTUN meminta penggugat memperbaiki materi gugatannya, dan akan kembali diperiksa dalam pemeriksaan pada pekan depan.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menetapkan UMP 2022 sebesar Rp1.813.011,00. Besaran upah minimum kabupaten/ kota, Gubernur menetapkan minimal penambahan upahnya Rp63.787,98 untuk Kota Semarang yang merupakan daerah dengan upah minimun terbesar di Jawa Tengah.

Sementara itu, di Kabupaten Banjarnegara sebagai daerah dengan tingkat upah minimum terendah di Jawa Tengah, minimum penambahan upah sebesar Rp40.946,29.

 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com