,
21 Agustus 2019 | dibaca: 83 Kali
Ketoprak Anak dengan Lakon Ande-Ande Lumut memukau penonton
noeh21

Rembang, Skandal

Ketoprak anak dari SDN 01 Sulang Rembang yang tampil dalam agenda pentas seni cukup memukau penonton. Tampilan yang masih bertajuk memeriahkanHUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut cukup menghipnotis warga untuk menonton.

Seusai pentas, Ismartoyo pelatih ketoprak anak tersebutmerasa bangga. Dengan waktu yang cukup mepet ternyata anak-anak bisa tampil maksimal.

Group ketoprak anak yang diberi nama Siswo NgudiBudoyo diperkuat 20 anak dengan diiringi pengrawit orang dewasa Dengan tampilan lakon Ande-Ande Lumut cukup menghibur penonton. "Anak-anak sangat cerdas. Tampilan kocak sangat menghibur," celetuk penonton yang kebetulan nonton bareng dengan Skandal.

Kepala SDN 01 Sulang, Mohamad Syakir, juga menyampaikan kebangaannya. Karena sebagai Kepala Sekolah yang baru ditugaskan di SD tersebut langsung memperoleh dukungan penuh dari orang tua termasuk pelatihnya tak keberatan untuk merogoh kocek sendiri.

Bentuk pengabdian untuk nguri-nguri kabudayan jawi tersebut patut di dukung. Apalagi melihat seni pertunjukan ini makin berkurang. Bahkan di ambang kepunahan. Termasuk tokoh yang mau nguri-nguri juga tergolong langka. Dengan kondisi tersebut akan tetap konsisten untuk melestarikan seni ketoprak.

'Saya akan melestarikan seni ketoprak melalui optimalisasi kompetensi anak. Cuma masih ada kendala yang perlu dicarikan solusi yakni pengadaan gamelan. Semoga ke depan juga ada pihak yang peduli untuk membantu," pungkas Syakir, guru yang hobi juga di kepramukaan. (Agus)
Berita Terkait
Berita Lainnya