,
15 Desember 2020 | dibaca: 102 Kali
Mantap, Tidak Cuma Terima DIPA dan TKDD 2021, HSU Juga Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut
noeh21
Banjarbaru, Amuntai, Skandal
Bertempat di Gedung KH. Dr. Idham Chalid Banjarbaru, Selasa (1/12). Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-5 kalinya atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019.
 
Pada penyerahan Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian ini juga diserahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) serta Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021 yang mana diserahkan langsung oleh Plt. Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Resnawan didampingi Plt. Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Dedi Sopandi, M.AP kepada Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si
 
Plt. Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Dedi Sopandi, M.AP dalam sambutannya mengatakan penyerahan DIPA dan TKDD tahun 2021 ini dilaksanakan lebih awal agar menjadi momentum perbaikan setelah masuknya pandemi Covid-19 di tahun 2020.
 
"Fokus target APBN tahun 2021 lebih mengedepankan Penanganan kesehatan, perlindungan sosial, program pemulihan ekonomi, serta membangun pondasi yang lebih kuat dalam melakukan reformasi struktural", ungkap Dedi.
 
Diharapkan DIPA dan TKDD tahun 2021 dapat segera ditindaklanjuti sehingga realisasi anggaran dapat dilaksanakan.
 
Plt. Gubernur Kalsel H. Rudy Resnawan yang telah mendapatkan arahan dari Presiden RI Joko Widodo menyatakan dalam APBN tahun 2021 pemerintah mengalokasikan belanja negara sebesar Rp.2.750 triliun, ini meningkat 0,8% dari tahun 2020.
 
Dari total APBN tahun 2021 tersebut pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendapatkan alokasi dana DIPA sebesar Rp.9,2T dan TKDD sebesar Rp.16,5T
 
Setelah DIPA dan TKDD tahun 2021 ini diserahkan maka selanjutnya tugas kita mempersiapkan sedini mungkin daripada anggaran tersebut, untuk pemerintah di daerah agar menyesuaikan kegiatan daerah dengan arahan-arahan dari pemerintah pusat, apalagi kita menghadapi situasi yang sama yakni pandemi Covid-19.
 
"Manfaatkan APBN secara cermat, efektif, tepat sasaran, serta memastikan seluruh rupiah yang ada di APBN maupun APBD betul-betul dibelanjakan untuk kepentingan rakyat" ujar Rudy
 
Adapun Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si sangat bersyukur hari ini pemerintah Kabupaten HSU telah menerima DIPA dan TKDD sebesar Rp.943.986.688.000 dari total daerah provinsi Kalimantan Selatan.
 
Wahid menyatakan kesiapannya menindaklanjuti realisasi pelaksanaan anggaran di tahun 2021 sesuai arahan Presiden RI dan Plt. Gubernur Kalimantan Selatan.
 
Bupati Wahid juga merasa bangga HSU kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-5 kali berturut-turut.
 
Ini menunjukkan bahwa akuntabilitas kinerja dan penggunaan anggaran yang dilaksanakan di pemerintah Kabupaten HSU dapat dipertanggungjawabkan. Apa yang dianggarkan benar-benar termanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan di Kabupaten HSU. Dan ini juga menunjukkan sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan apa yang menjadi harapan kita bersama, untuk itu kami ucapkan terimakasih.
 
"Semua ini berkat kerjasama pemerintah daerah dengan DPRD serta dukungan dari masyarakat HSU" ucap Wahid.
 
(HUMPRO HSU)
Berita Terkait
Berita Lainnya