,
24 April 2018 | dibaca: 157 Kali
Wisata Unik Tebing Koja Solear Tangerang Butuh Perhatian Pemda
noeh21



Tangerang, Skandal

Adanya Destinasi wisata yang tersembunyi Di Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten yang dinamai Masyarakat sekitar bernama "Tebing Koja", menambah Daftar lokasi wisata di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tangerang yang bernuansa Alam Bebas dan alami menjadi Referensi bagi Wisatawan lokal maupun Wisatawan Asing (Turis).

Pasalnya, banyak Wisatawan Lokal dari Jabodetabek, khususnya Banten dan juga Turis yang datang untuk menyaksikan Keindahan Alam dengan Tebing yang mendulang tinggi sekitar 50 meter diatas permukaan laut yang menyerupai Bebatuan untuk berSelfi Ria bersama Keluarga dan Pasangan anda. Jika Anda tidak memiliki tujuan untuk berlibur yang Murah meriah, Tebing Koja siap menyajikan Wisata Alam bebasnya   

Latar Belakang Tebing Koja sendiri, awalnya hanyalah Tebing yang merupakan Lahan Penambangan Pasir oleh masyarakat setempat. Setelah beberapa waktu, aktivitas Tambang Pasir ini-pun berhenti, sehingga lokasinya menyisakan Bebatuan yang menjulang tinggi, hingga mengundang reaksi banyak wisatawan, karena tempat dan lokasinya menjadi unik untuk diabadikan.

Lokasi tebing koja ini baru 3 (tiga) tahun dikelola oleh Warga masyarakat setempat. Jadi masih seumur Jagung yang berada di Lokasi Kp.Koja, Desa Cikuya, Kec.Solear, Kab.Tangerang - Banten dengan luas bentangan di Lahan sekitar 2 Hektar. Namun sayang, Wisata Tebing Koja ini pun minim perhatian dari Pemkab.Tangerang, dan Pemda Banten, maupun Dewan Legislatif setempat.

Padahal diketahui, Masyarakat setempat sangat membutuhkan Anggaran untuk Tata Kelola lokasi Wisata, agar terciptanya Roda Perekonomian dan Lapangan Pekerjaan bagi warga yang sekitar Tebing Koja tersebut.

Menurut Fadhil (56) selaku ketua RT.19 di Kp.Koja Desa Cikasungka mengatakan, " warga kami sangat menginginkan bantuan, baik itu dari Eksekutif, Yudikatif, maupun Legislatif. Karena hasil dari wisata Tebing Koja ini bisa membantu Perekonomian dan membuka ladang pekerjaan warga sekitar, " harapnya saat di wawancara, Senin (23/4/2018) oleh Tim  Media iglobalnews.co.id di Lokasi Tebing Koja Desa Cikuya Kec.Solear Kab.Tangerang - Banten.

Disisi lain, Ayub selaku wakil RT setempat menceritakan ada beberapa kendala dari pengelolaan Wisata tersebut, baik itu cara menyatukan warganya maupun kesulitan mendapat anggaran nya untuk membangun Destinasi Tebing Koja.



"Sudah beberapa kali, kami selaku pengurus RT.19 mengadakan rapat membahas Kepengurusan Wisata Tebing Koja ini, namun warga kami susah disatukan, maunya masing - masing," ujar Ayub kepada awak media saat diwawancara.

Lanjut dirinya menambahkan, " Kami berharap lebih baik wisata ini kami serahkan ke pemda, biar di anggarkan akses infrastrukturnya, demi keselamatan para wisatawan yang datang berkunjung, selama ini dana untuk pembuatan Jembatan, dan maupun Pagar Penghalang Tebing ini kami dapatkan dari Swadaya serta Kantong Pribadi " jelasnya Wakil Ketua RT.19 menceritakan hal tersebut kepada Awak Media. (Ril)
Berita Terkait
Berita Lainnya