,
25 Februari 2018 | dibaca: 95 Kali
Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional
Warga Palu Barat Bersihkan Sungai
noeh21
Palu, Skandal

Aksi bersih-bersih di area Bantara Sungai Palu dilakukan oleh Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota, kemarin, Sabtu, 24/2.

Bersih-bersih yang dilakukan bersama warga Kecamatan Palu Barat dilakukan dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

Aksi peduli bersih-bersih sampah sungai ini diprakarsai komunitas pemuda Kota Palu Barat, bekerja sama tokoh adat dan Lurah Palu Barat. 

Warga sedang bersihkan bantaran sungai

‘’ini adalah gerakan yang luar biasa untuk kembali mengingatkan  masyarakat atas pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,  khususnya di bantara Sungai Palu Barat ini agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai’’ kata Kabid  Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, Ikbal saat memberikan sambutannya. 

Reny Septiani selaku inisiator gerakan palu bebas sampah dari komunitas seangel mengatakan, aksi peduli sampah tersebut diikuti tidak kurang 31 komunitas Kota Palu, dari tingkat pelajar hingga mahasiswa. Jumlahnya sekitar 500 orang, dan semua adalah merupakan relawan yang  dikumpulkan hanya dalam waktu dua minggu. 

Dengan harapan,  tambah Reni, melalui gerakan ini, pemuda Sulteng dapat membangkitkan animo masyarakat terkait kebersihan lingkungan,  sekaligus memberikan edukasi kepada  masyarakat, terutama pemuda Kota Palu tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

Apalagi, lanjut Reni, Kota Palu adalah Kota madya yang seharusnya jadi kota percontohan di daerah Sulawesi Tengah, dan menjadikan Palu sebagai salah satu Kota yang bisa mendapatkan Adipura.

Kegiatan ini diawali dengan pembersihan bantaran sungai di Kelurahan Baru, di bawah Jembatan Palu III yang merupakan salah satu titik tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Dari situ menuju ke area pemukiman warga, hingga ke pasar tua yg jaraknya sekitar 300 meter dari sungai. 

Sampah-sampah yang sudah terkumpul itu kemudian proses (dipilah) untuk selanjutnya diangkut oleh petugas dinas lingkungan hidup Kota Palu ke TPS sesungguhnya. 

"Oya, pada pembukaan kegiatan tadi juga dimeriahkan dengan aktraksi Drume Band siswa siswi SDN DDI Kota Palu", kunci Reni (dayat/din)
Berita Terkait
Berita Lainnya