,
14 Januari 2021 | dibaca: 26 Kali
HSU BERSIAP HADAPI BANJIR
noeh21
Amuntai – tabloidskandal.com. (14/01/21)
Bersiap dalam rangka menghadapi banjir Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melakukan  berbagai hal, salah satunya melaksanakan Apel Gelar Pasukan yang diikuti oleh ratusan personil yang terdiri dari unsur TNI/ Polri, BPBD, Satpol PP dan Damkar, PMI, Tagana, Pramuka dan berbagai unsur relawan lainnya.
 
Apel gelar pasukan, yang tetap dilaksanakan dengan merapkan protokol kesehatan ini dipimpin oleh Komandan Kodim 1001 Amuntai / Balangan Letkol. Inf. Ali Ahmad Satriyadi. Dalam amanatnya Dandim 1001 Amuntai / Balangan menekankan kesiap siagaan personil dan materil dalam menghadapi bencana banjir di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Selain itu visi dan misi yang di jalankan haruslah sejalan dengan apa yang di harapkan yaitu membantu masyarakat yang terdampak banjir baik dari segi evakuasi maupun bantuan logistik makanan bagi korban banjir.
 
Wilayah hulu sungai utara yang saat ini sudah dikepung oleh banjir di wilayah kabupaten tetangga, saat ini masih dalam kondisi aman dan terkendali hal ini menjadi motivasi dan dorongan kepada pemerintah daerah serta unsur terkait dalam menghadapi bencana.
 
Kabupaten hulu sungai utara yang dilintasi oleh tiga buah sungai yaitu balangan, tabalong dan nagara merupakan daerah rawan dari bencana banjir setiap tahunnya, hal ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah dalam menangani dampak banjir baik saat terjadi maupun pasca bencana. Berbagai usaha dan terobosan telah dilaksanakan sehingga dampak bencana dapat diminimalisir sekecil mungkin.
 
Kepala BPBD Hulu Sungai Utara Drs. Sugeng Riyadi, M.AP menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam kesiap siagaan penuh dan BPBD telah menyiapkan logistik dan meteril serta personil dalam mengahadapi bencana nantinya. Masyarakat diharapkan proaktif dalam bersama –sama mengahadapi bencana banjir ini, misalnya dengan melaksanakan aksi bersih – bersih dilingkungan masing – masing terutama selokan, gotong- gorong dan jalur perlintasan air lainya sehinga air yang datang akan mengalir denga baik.
 
Apel  gelar pasukan dilaksanakan di depan maskot kota amuntai yang merupakan posko bencana dari berbagai unsur baik dari TNI dan polri dan unsure kebencanaan lainnya
(Diskominfo HSU).
 
Berita Terkait
Berita Lainnya