,
17 Januari 2018 | dibaca: 84 Kali
Demi Zero Konflik, Bupati Muba Kukuhkan Tiga Forum
noeh21
Foto bersama Bupati, FKPD, Ketua Forum dan tokoh masyarakat
Demi mempertahankan Muba sebagai daerah zero konflik, Bupati  Dodi Reza Alex mengkukuhkan tiga forum sekaligus, masing-masing Forum Kerukunan Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Senin kemarin di Pendopoan Bupati.
 
Pengukuhan tersebut dihadiri oleh FKPD Kabupaten Muba, Ketua DPRD, Kejari Sekayu, Ketua Pengadilan Negeri, Ketuga Pengadilan Agama Sekayu, Dandim 0401 Muba, Wakapolres Muba Kadepag Muba, Sekda Muba, para tokoh masyarakat, pemuka agama dan para Kepala Dinas Kabupaten Muba.

Dalam sambutannya, Dodi Reza Alex menyatakan terbentuk dan pengukuhan tiga forum tersebut, membuktikan bahwa Muba berhasil mempertahankan sebagai daerah yang zero konflik berbau SARA.


Bupati mendantangani kesepakatan tiga forum

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan, karena terselenggaranya pengukuhan ini bahwa Muba zero konflik. Kita bisa menjaga keutuhan beragama,” tutur Bupati Dodi.
Menurut Bupati, kendati hanya tingkat kabupaten, masyarakat Muba sangat heterogen, baik agama, maupun suku. Namun, dibingkai dengan Bhineka Tunggal Ika, ditambah terselenggaranya ketiga forum, ke depan Muba akan tetap menjad potret mininya Indonesia.

“Semua ini harus kita jaga dan pertahankan,” pinta Bupati yang juga mencalonkan sebagai Calon Gubernur Sumatera Selatan di Pilkada nanti.

Sementara itu, Kaban Kebagpol Kabupaten Muba, Drs. Soleh Naim MM menyebut pengukuhan ini sebagai alat silaturahmi dalam menjaga stabilitas dan ketahanan negara. “Jadi, ini hanya sebatas wahana silaturahmi saja antara pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Soleh, peran ketiga lembaga forum tersebut sangat vital dalam menjaga stabilitas daerah, sekaligus sebagai upaya perkuatan kapasitas kelembagaan FKUB/FPK dan FKDM di Kabupaten Muba.

“Kalau badan  Kesbangpol adalah mata dan telinga Kepala Daerah di dalam menjaga stabilitas daerah, maka Kesbangpol yang terjun langsung di masyarakat adalah pengurus ketiga forum ini,"  tuturnya mengakhiri. (Idris)
 
Berita Terkait
Berita Lainnya