,
06 Februari 2018 | dibaca: 117 Kali
Cegah Karhutlah, Bupati Dodi Buat Tiga Komik
noeh21
Wabub Nuba Benehenedi , Dandim 0401 Muba , Ka Dishub Muba

Sekayu, Skandal

Meski disibukan dengan agenda pemerintahan yang padat, tetapi tak menyurutkan langkah Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menuangkan karya seninya dalam bentuk buku bergambar atau komik. Tak tanggung-tanggung, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumsel ini membuat tiga komik sekaligus dalam kemasan trilogi. 

Ketiga komik tersebut di antaranya berjudul Indahnya Hutan di Musi Banyuasin, Jika Hutanku Terbakar, dan Setelah Api Padam. "Sasarannya mengedukasi pelajar di Muba supaya turut serta menjaga lingkungan sekitar," ungkapnya. 
​​​​
Dodi mengaku membuat komik tersebut terinspirasi dengan kondisi hutan di Muba yang sempat mengalami kebakaran hebat beberapa tahun lalu. 

"Jadi, komik ini akan disebar ke seluruh sekolah jenjang SD-SMA sederajat di Muba supaya upaya pencegahan dan penjagaan lingkungan di Muba bisa diterapkan juga oleh anak-anak di Muba," ungkap Bupati pertama di Indonesia yang berhasil membuat komik trilogi ini. 

Lanjutnya, kemasan bahasa dan gambar komik trilogi tersebut di desain menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak. "Finishingnya saya melibatkan komikus dengan gambar-gambar yang menarik," imbuhnya.

Dijelaskan Dodi, menyelesaikan komik trilogi tersebut dirinya hanya menghabiskan waktu dua bulan. "Ya, kalau ada waktu senggang saya kejar untuk menulis naskahnya, tapi setiap malam pasti saya sempatkan diri untuk menulis," ulasnya. 

Ia menambahkan, saat ini komik trilogi tersebut sudah dicetak sebanyak seratus ribu eksemplar untuk kemudian disebar ke sekolah-sekolah. "Saya juga sudah koordinasi dengan Mendikbud dan rencananya komik trilogi ini akan menjadi komik acuan dan akan disebar ke seluruh sekolah di Indonesia," pungkasnya. (Idris)
Berita Terkait
Berita Lainnya