,
04 Juli 2018 | dibaca: 955 Kali
noeh21
MERIAHNYA SEDEKAH LAUT DI DESA BENDAR JUWANA YANG MENELAN ANGGARAN 1,5 MILYAR.
 

BENDAR- Mriahnya pesta sedekah laut nelayan di desa bendar yang menelan biaya 1,5 milyar di selenggarakan pada puncak acara hari Minggu tgl; 01/07/18 berbagai kegiatan memeriahkan pesta syukuran para nelayan di pesisir pantai Juana.

Warga desa bendar berbaur dengan  masyarakat kabupaten pati tumpah ruah untuk menyaksikan Puncak acara arak-arakan mengirim sesaji untuk dilarung ke laut, Prosesi diawali dengan mengarak sesaji plus iring-iringan drumband, pesta kostum, tongtek, fashion carnaval, rebana dll. Sesaji berupa kepala kambing, aneka rupa kembang, dan ubo rampe lainya.

Sedekah laut pada tahun ini yang menelan anggaran sekitar 1,5 miliar sebagian besar dipergunakan untuk memberikan santunan kepada kurang lebih 1.500 anak yatim piatu. dan selebihnya digunakan untuk pesta hiburan sedekah laut nelayan Desa Bendar.  ”Kami dari awal memang menekankan, santunan anak yatim piatu harus lebih besar anggarannya ketimbang untuk hiburan,” jelas Jamari selaku tokoh masyarakat dan panitia sedekah laut desa bendar yang juga anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati ini.

Pada intinya santunan kepada anak-anak yatim piatu ini dijadikan ruh dalam acara pesta sedekah laut nelayan desa bendar, sebagai rasa wujud syukur masyarakat nelayan bendar untuk tolak balak. Apalagi kami hidupnya banyak di lautan yang kita tahu tantangannya nyawa ketika di tengah laut lepas,”ungkap  Jamari.


Berbagai rangkaian acara dalam pesta laut Desa Bendar yang diselenggarakan. Mulai dari turnamen bola voly yang mendatangkan pemain-pemain top nasional, pengajian bersama KH Anwar Zahid, haul Syeh Datuk Lodang Pulau Seprapat, santunan anak yatim piatu, larung sesaji, dan acara hiburan berupa orkes dangdut new PALLAPA dan ADELLA yang di lapangan Kendali Sodo Bendar. Untuk Pallapa pada Rabu, 4 Juli 2018 dan Adella Sabtu 7 Juli 2018.


Sedekah laut sendiri telah di adakan sejak awal tahun 1960an, para pendahulu menjadikan ritual ini sebagai wujud syukur atas hasil dari laut. Disediakan dua tempat untuk larung sesaji. Satu tempat dilarung di laut, sedangkan satunya lagi dilarung di aliran Sungai Juwana ungkap jamari selaku panitia sedekah laut desa bendar.
Berita Terkait
Berita Lainnya