,
14 Januari 2018 | dibaca: 197 Kali
Ketua IPJI akan Audiensi ke BPK Perwakilan Riau
noeh21
Ketua Umum IPJI Taufiq Rachman dan Bahrullah Akbar, Wakil Ketua BPK
Jakarta Skandal
 
Ketua Umum Ikatan Penulis dan Jurnalistik Indonesiac (IPJI), Taufiq Rachman SH, S.sos akan melakukan audiensi kepada Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Riau, Harry Purwaka, esok 15/01.
 
Dalam audiensi tersebut, Taufiq akan didampingi pengurus DPW IPJI Riau dan DPW Ikatan Media Online (IMO) Indonesia.
 
Kepada Skandal, Taufiq yang memulai karir jurnalisnya dekade 1980-an, mengungkapkan audiensi tersebut menindaklanjuti pengarahan Wakil Ketua BPK RI, Prof. Bahrullah Akbar sebagai keynote speaker dalam HUT IPJI ke-18 dan Deklarasi IMO Oktober lalu di Grand Cempaka, Jakarta Pusat.


Harry Purwaka, (kiri), Kepala BPK Perwakilan Riau
 
"Sebuah media, apapun sarana yang digunakan, cetak, elektronik maupun internet saat ini, tetap menghibur, edukasi, informatif dan kontrol sosial," jelas Bahrul, Guru Besar IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.
 
Dari empat fungsi itu, Bahrul menyoroti soal peran kontrol yang meliputi pelbagai bidang kehidupan berbangsa. "Dari situlah dapat diketahui apakah sebuah kebijakan berjalan sesuai dengan peraturan atau tidak," jelas Bahrul, seraya menyebut  BPK tetap terbuka kepada pers, bahkan menjadi partner dalam mengawasi keuangan negara. 
 
Lebih-lebih di era digital, di mana informasi yang disajikan tanpa dibatasi ruang dan waktu, membuat segala sesuatu menjadi mudah. "Hanya hitungan menit, kita dapat mengetahui sesuatu kejadian maupun peristiwa," jelas Bahrul, yang sejak remaja bersahabat dengan Taufiq. Keduanya sama-sama anak Betawi asli.


Ketua IPJI bersama Ketua IMO Riau Hondru (kiri) dan Sekretaris PH Sitompul
 
Menurut Taufiq, uraian Bahrullah Akbar terhadap fungsi pers sesuai dengan UU Pokok Pers patut diapresiasi. "Apalagi Pak Bahrul menyatakan BPK terbuka kepada pers sesuai fungsi masing masing, tidak saling mengintervensi," ujarnya.
 
Taufiq yakin jika BPK dan Pers sama sama menjalankan fungsinya, maka anggaran berjalan dengan semestinya. "Tak ada patgulipat di suatu instansi," tambah Taufiq. 
 
Menurut rencana audiense dengan Kepala perwakilan BPK Riau, Harry Purwaka, lelaki kelahiran Purwakarta, berlangsung jam 10.00 wib.
 
"Saya yakin, jika IPJI dan IMO aktif menjalakan kontrolnya, Insya Allah penyalagunaan anggaran di Riau dapat dielemenir," ujarnya mengumbar senyum. (Ian)
 
 
 
 
Berita Terkait
Berita Lainnya