Tutup Menu

Komitmen Bersama Untuk Mendukung Capaian Standar Pelayanan Minimum Bidang Kesehatan

Selasa, 09 Juli 2024 | Dilihat: 209 Kali
    
Tabloidskandal.com – Amuntai ||Puskesmas Alabio mengadakan kegiatan lokakarya mini lintas sektor yang bertempat di aula Puskesmas Alabio Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan dan bersepakat berkomitment untuk Mendukung Capaian SPM (Standar Pelayanan Minimum) Bidang Kesehatan.

Kegiatan ini dihadiri Camat Sungai Pandan, Sekretaris Kecamatan, Danramil, Kapolsek, Kepala KUA (Kantor Urusan Agama), Kepala Korwil Pendidikan, Kasi P2 Kesos Kecamatan, Kasubab Program dan Data Kecamatan, BPKB (Balai Penyuluh KB), Balai Penyuluh Pertanian, BPKM Kecamatan, Organisasi Kemasyarakatan Aisyiyah, Pendamping Desa, dan 33 Kepala Desa se-kecamatan Sungai Pandan.

Ibu Herlina sekretaris kecamatan mewakili camat sungai pandan menjelaskan dalam sambutannya, “Lokakarya mini lintas sektor merupakan bagian tahapan dari manajemen puskesmas yang wajib diselenggarakan oleh puskesmas untuk menggalang kerjasama tim dalam upaya penyelenggaraan berbagai kegiatan program puskesmas, berkenaan dengan hal tersebut di atas saya mengajak kepada semua pihak yang terkait untuk turut andil bagian sesuai dengan bidangnya masing-masing, sehingga program yang disusun oleh puskesmas Sungai Pandan dapat terlaksana dan tercapai sesuai dengan target yang telah ditentukan”, katanya.

Dalam lokakarya mini lintas sektor ini disampaikan beberapa materi tentang sosialisasi pelayanan fisioterapi di puskesmas, diantaranya, kegiatan skrening pasien hipertensi, kegiatan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di Kecamatan Sungai Pandan, penyampaian ILP (Integrasi Layanan Primer), dan kawasan tanpa rokok.

Terdapat 17 desa di Kecamatan Sungai Pandan yang selanjutnya dijadwalkan pada tahun 2024 ini untuk melaksanakan Posyandu ILP di tingkat desa yaitu

Teluk Betung, Pandulangan, Sungai Pinang, Sungai Pandan Tengah, Tatah Laban, Hambuku Raya, Murung Asam, Rantau Karau Hulu, Rantau Karau Tengah, Pondok Babaris, Putat Atas, Tapus Dalam, Banyu Tajun Dalam, Teluk Sinar, Tambalang Tengah, Sungai Sandung, dan desa Rantau Karau Hilir yang sudah mulai duluan dilaksanakan sebagai uji coba, yang kemudian dilanjutkan 16 desa lainnya secara bertahap. “Seiring waktu ada kemungkinan terjadi penambahan jumlah desa yang akan melaksanakan Posyandu ILP”, kata Rahmadhani sebagai Pimpinan Puskesmas Alabio.

Diakhir acara dilakukan penanda tangan komitmen bersama dari para peserta yang hadir untuk mendukung peningkatan capaian SPM (Standar Pelayananl Minimum) bidang kesehatan di Kecamatan Sungai Pandan.

Rahmadhani menjelaskan, “Spanduk komitment ini berbentuk pohon yang melambangkan kerjasama dan semangat gotongroyong dari semua mitra lintas sektor kecamatan”.tutupnya.
(dhani)

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com