Tutup Menu

APEDI KLUNGKUNG KONEKSIKAN INTERNET 12 DESA DENGAN FIBER OPTIC

Sabtu, 12 Desember 2020 | Dilihat: 425 Kali
    
Klungkung, Skandal.
APEDI (Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia) Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Klungkung menggelar sosialisasi program JADOEL (JAringan Desa On Line) pada hari Jumat (11/12) pagi bertempat di aula Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung.
 
Ketua APEDI DPC Klungkung I Putu Bargawa disela-sela acara mengatakan bahwa JADOEL adalah salah satu program APEDI, sebuah organisasi pengusaha independen non politik yang melakukan kegiatan di-desa desa untuk membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat desa, baik para petani maupun pelaku UMKM, untuk menjalankan kegiatannya APEDI bermitra dengan pemerintah, pengusaha dan investor. Lebih lanjut Putu Bargawa menjelaskan program pertama yang akan dilakukan di Klungkung adalah JADOEL (JAringan Desa On Line), yaitu membangun infra struktur sambungan internet keseluruh desa sampai kerumah-rumah penduduk di Klungkung dengan menggunakan jaringan fiber optic dan harga lebih murah dibandingkan dengan harga perusahaan penyedia internet yang sudah ada di Klungkung. Hadir dalam sosialisasi ini Sekjen APEDI Pusat Mohammad Sabdo, Ketua Pembina APEDI DPD BALI Jro Made Supatra Karang, Ketum APEDI DPD Bali Sonyka Utama dan pengurus APEDI DPD BALI, Camat Klungkung Ketut Arie Gunawan, SSTR, Jero Bendesa Ida Bagus Nyoman Wirata, Perbekel Akah I Nyoman Sujati serta 11 Perbekel se-kecamatan Klungkung.
 
Sekjen APEDI Pusat Mohammad Sabdo memaparkan bahwa APEDI mengajak seluruh Bumdes se Kecamatan Klungkung untuk menjadi pengusaha penyedia internet, kalau sekarang ini warga desa menjadi “pasar” bagi perusahaan penyedia internet, dengan adanya infra struktur serat fiber nanti maka Bumdes akan menjadi perusahaan penyedia internet bagi warga desa, warga desa bisa mendapatkan pelayanan internet dari Bumdes dengan harga terjangkau, apabila Bumdesnya punya penghasilan besar pastinya akan dirasakan juga manfaatnya bagi warga desa.
 
Untuk pembangunan infra struktur APEDI menggandeng PT. Arta Media Indonesia sebagai investor yang akan membiayai pembangunan infra struktur, pihak Bumdes dapat membayarnya tahun depan dengan cara mencicil.
 
Dalam sambutannya Camat Klungkung Ketut Arie Gunawan mengemukakan ketertarikannya dengan JADOEL, ia mempersilahkan para Perbekel untuk mempelajari program ini untuk diterapkan didesanya masing-masing. Camat Arie Gunawan menjelaskna bahwa internet sudah menjadi kebutuhan, JADOEL memastikan bahwa yang diuntungkan adalah masyarakat desa, uang yang masuk ke Bumdes dapat dimanfaatkan bagi kemaslahatan warga desa.
 
Perbekel Akah I Nyoman Sujati dan 11 Perbekel lainnya sangat antusias dengan JADOEL dan mengharapkan agar segera bisa diterapkan di desa masing-masing, karena selain warga akan mendapatkan jaringan internet yang stabil dan harga terjangkau, Bumdes juga akan memiliki sumber penghasilan baru.
 
Dalam kesempatan ini dilakukan Penanda Tanganan MOU secara simbolis antara Desa Akah dan APEDI untuk program JADOEL, sementara 11 Perbekel lainnya akan menyusul Penanda Tanganan MOU JADOEL. (Sony Bali)

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com