,
09 Februari 2020 | dibaca: 446 Kali
Mahsiswa KKN UPGRIS, Kenalkan Media Pembelajaran Tangga Matematika ke SD dan MI
noeh21
Pati, Skandal
 
Tim KKN Upgris Desa Bageng menemui semua kepala sekolah SD dan MI Desa Bageng untuk meminta izin menerapkan media pembelajaran tangga matematika, pada Kamis (23/01/2020).

“Bagus itu mas, karena dapat memudahkan dan mengajak siswa lebih aktif dalam pembelajaran matematika terutama perkalian,” tutur Ibu Titik Lestari kepala sekolah SD Negeri 01 Bageng.
 
Tangga matematika merupakan media pembelajaran yang dibuat oleh Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang untuk memudahkan pembelajaran matematika, terutama perkalian yang sering dihindari dan ditakuti siswa-siswa. Penerapan tangga matematika dilaksanakan di 3 sekolahan yakni, SDN 02 Bageng pada hari Rabu (29/01/2020), SDN 01 Bageng pada hari Kamis (30/01/2020) dan MI Bageng pada hari Sabtu (01/02/2020). Masing-masing dilaksanakan pada kelas 2 di jam pertama yakni, jam 07.30-09.00 WIB . Penerapan tangga matematika dilakukan untuk mengajak siswa agar lebih tertarik terhadap perkalian dan memudahkan siswa dalam menghitung perkalian.
 
Mahasiswa KKN Upgris Bageng memperkenalkan tangga matematika sebagai upaya untuk mempersuasi siswa agar tidak takut akan perkalian matematika. Siswa-siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan Mahasiswa KKN Upgris Bageng.
 
Bidang pendidikan KKN Upgris Desa Bageng, Aris Setyawan mengatakan antusias siswa-siswa dalam menggunakan media tangga matematika sangat baik. Banyak siswa yang ingin maju kedepan mencoba menggunakan tangga matematika setelah diberikan pertanyaan perkalian.
 
Farisha Nur Hidayah, salah satu tim KKN Upgris menjelaskan, beberapa tahap proses dalam menggunakan tangga matematika secara benar. Mulanya salah satu tim KKN Upgris memberikan soal perkalian kemudian siswa maju kedepan untuk mempraktikkannya dengan menancapkan beberapa warna bunga pada tangga matematika yang sudah diberi nomor sebagai bentuk jawaban siswa. 

Selain itu, tim KKN Upgris juga memberikan apresiasi pada siswa yang bisa menjawab dan mepraktikkan cara penggunaan matematika dengan benar didepan kelas. Hal ini tentu membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
 
Tim KKN Upgris berharap agar penggunaan tangga matematika terus dikembangkan sehingga perkalian yang sebelumnya dihindari dan ditakuti akan lebih disukai oleh siswa tingkat dasar.
 
Penulis: Syahrul Muhammad Nizam, Mahasiswa pendidikan Biologi, Upgris
Berita Terkait
Berita Lainnya