,
07 April 2018 | dibaca: 16 Kali
Beberapa SMP Di Kota Ambon Siap Laksanakan UNBK
noeh21

Ambon, Skandal ,

Sebelas Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Ambon, siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  tahun 2018.

Kesebelas  sekolah yang siap mengikuti  UNBK yakni, sekolah negeri SMPN 2, 6,12,14, 3 dan sekolah swasta di antaranya, SMP Katolik Ambon, Kartika XII-I, Kristen, Kalam Kudus ,  Xaverius  , dan MTS AL Fattah Ambon.

Kepala Dinas Pendidikan  Kota Ambon,Fahmy Salatalohy  dalam kesempatan wawancara dengan media ini, Jumat (06/04/2018) menerangkan, bukan hanya 11 sekolah yang diberikan kesempatan mengikuti UNBK,tapi juga di berikan peluang bagi SMP lain untuk melakukan UNBK. Syaratnya, sekolah tersebut, harus memiliki  komputer minimal 20 unit.

"Batas waktu diberikan bagi sekolah lain yang ingin mengikuti,namun jika dalam jangka waktu yang di tetapkan tidak ada sekolah yang mengusulkan, maka akan dikirim  sekolah yang sudah siap melaksanakan UNBK," jelasnya.

Salatalohy menambahkan,SMP di kota Ambon umumnya sudah memiliki  komputer,namun belum mencukupi jumlah peserta ujian.Satu sekolah  dengan jumlah peserta ujian 60 orang, harus memiliki 20 unit komputer,guna menangani 3 kelompok  ujian  masing-masing 20 orang setiap dua jam.

"Harapannya ke depan, selain pelaksanaan  UN secara online , pihaknya juga  berharap  penerimaan siswa baru (PSB) secara online ,guna mencegah terjadinya penumpukan di sekolah unggulan.  Makanya, pelaksanaannya dilakukan  secara objektif  dan terbuka .Selain itu,  mencegah manipulasi  data dari hasil ujian siswa," harapnya. 

Selain itu, sebut Salatalohy, demi mencegah terjadinya kebocoran informasi soal ujian, maka di laksanakan  pelaksanaan UN online ini sendiri dengan alat penunjang seperti komputer,jaringan internet,listirk,dan SDM sudah ada, sehingga ujian dapat berlangsung dengan baik.Tinggal bagaimana siswa-siswi belajar  mempergunakan  peralatan penujang yang sudah di persiapkan. (Yulin)
Berita Terkait
Berita Lainnya