Tutup Menu

Bersih-Bersih Klenteng Jelang Tahun Baru Imlek 2573

Jumat, 28 Januari 2022 | Dilihat: 50 Kali
Bersih-bersih Patung Dewa Di Klenteng Cirebon (foto istimewa)
    
Editor : Fathonie AG


CIREBON –Tabloidskandal.com ll Ketua pengurus Klenteng Talang di Cirebon, Yohanes, menyampaikan bahwa akan ada acara persembahyangan pada tanggal 31 Januari 2022,  dan berlanjut pada puncak perayaan Imlek 1 Februari 2022. Untuk itu diperlukan bersih-bersih di klentengnya.

Para pengurus dan relawan secara bersama membersihkan Klenteng Talang Kota Cirebon, Jawa Barat. Juga dengan menggelar budaya cuci Kimsin, yakni membersihkan patung Dewa yang dilakukan oleh umat Konghucu.

Sesuai tradisi, kata Yohanes, umat Konghucu melakukan ritual pelemparan dadu terlebih dahulu untuk mengetahui Dewa setuju atau tidak untuk dimandikan. Jika setuju, satu persatu patung Dewa yang berada di altar persembahan dicuci menggunakan air mawar dan melati. Pembersihan ini bermakna jiwa dan raga kembali suci.

"Saat ini dilakukan pencucian Kimsin. Seluruh patung di klenteng dibersihkan menjelang Imlek. Patung yang dibersihkan bermacam-macam: ada Dewa Kwan Kong, Dewa Bumi, Dewa Kwan Tee Kun dan lainnya," papar Yohanes, Rabu (26/1/2022).

Menurut Suyono, Humas Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Cirebon, Kimsin atau Patung Dewa yang sudah dicuci akan digunakan dalam prosesi persembayangan saat Tahun Baru Imlek 2573, yang jatuh pada 1 Pebruari 2022.

Selain membersihkan patung Dewa, katanya, umat Konghucu juga memasang pernak pernik Imlek dan membersihkan setiap sudut Klenteng Talang yang menjadi Klenteng tertua di Kota Cirebon.

 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com