,
03 April 2018 | dibaca: 75 Kali
Agus Firman: Jurnalis Harus Taati Kode Etik Jurnalistik
noeh21

Ciamis, Skandal

Ketua Ikatan Penulis fan jurnalis (IPJI) Kabupaten Ciamis,Jawa Barat, Agus Firman mengimbau agar para jurnalis, khususnya anggota IPJI mentaati kode etik jurnalistik sebagai aturan main dalam menjalankan profesi jurnalis.



Agus Firman


"Kode etik itu sebagai pedoman etik dalam menjalankan profesi jurnalis. Jadi kita harus mentaatinya," ujar Agus pada awak media seusai pelantikan IPJI Ciamis, 1 April 2018 lalu.

Bahkan, menurutnya, kode etik tersebut merupakan ukuran benar atau tidaknya jurnalis menjalankan profesinya. Misalnya, dalam pemberitaan tidak boleh dicampurbaurkan dengan opini si jurnalis.

"Atau juga pemberitan harus berdasarkan fakta, bukan bohong (hoax). Apalagi memutarbalikan fakta," tutur Agus.




Agus yakin, jika setiap jurnalis mentaati dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, maka dapat meminimalkan pemberitaan hoax. "Setidaknya hoax tersebut dapat dicounter dengan berita yang berdasarkan fakta," tambahnya, seraya menyebut pemberitaan harus berimbang, tidak tendesius sehingga "mengamankan" si jurnalis dari pencemaran nama baik.

 Agus juga yakin jika setiap jurnalis mentaati kode etik jurnalistik, tidak ada lagi keluhan masyarakat yang merasa ditekan, diancam apalagi diperas.

Di sisi lain, Agus tak menampik perilaku macam itu dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan jurnalis. 

"Mereka itu yang merusak citra jurnalis dengan perilaku yang tak terpuji," tuturnya. 

Agus berharap, masyarakat tak perlu sungkan melaporkan ke kepolisian jika menemukan atau merasa "ditekan" oleh oknum maupun mereka yang mengaku-ngakh jurnalis.

"Laporkan saja agar ditindak aparat," jelasnya.

Sebagai Ketua IPJI Ciamis, Agus mengharapkan anggota IPJI mampu memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Ciamis, menjungjung tinggi kode etik jurnalistik, terutama perannya sebagai pemberi informasi dan fungsi kontrol. 

"Saya yakin IPJI menjadi partner yang positif bagi Pemkab Ciamis," ujar Agus optimis, yang dilantik oleh Ketua DPW IPJI Jawa Barat,  Aie Mulyani disaksikan oleh Ketua Umum DPP IPJI Taufiq Rachman Rachman SH. S.sos dan utusan DPP lainnya seperti Lia Santika, Fery Rusdiono, A. Yani dan Toni Flamengo. (Ian)
Berita Terkait
Berita Lainnya