,
20 Mei 2018 | dibaca: 129 Kali
Mantan Kabag Pemkab Bojonegoro dituntut 4 tahun penjara
noeh21
Agus Budiarto
Bojonegoro Skandal

Sidang kasus dugaan korupsi yang menyeret oknum Apatur Sipil Negara di Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Supi Haryono, dituntut 4 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksanaan Negeri Bojonegoro di Pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa pekan lalu, 14/5.

Menurut Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasie Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro, Agus Budiarto, sesuai fakta persidangan baik keterangan saksi saksi, dakwaan primer kepada terdakwa 
dikenakan pasal 12 b.

Pasal tersebut menyebutkan Pegawai Negeri Sipil atau penyelenggara negara yang menerima hadiah, padahal diketahui atau patut diduga, bahwa hadiah diberikan sebagai akibat atau disebabkan, karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya.

Dalam pasal itu disebutkan ancaman pidana 4 tahun dan paling lama 20 tahun. Juga pidana denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar. 

Sedang subsider dikenakan pasal 11 lebih subsider pasal 5 undang undang tindak pidana korupsi.

Menurut Kasie Pidsus, terkait terdakwa lainnya, yaitu Marfuah yang diduga selaku pemberi gartifikasi, sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Surabaya. Saat ini persidangannya sudah ke tahap keterangan saksi saksi, dimana dakwaan JPU dengan dakwaan yang menyerupai perannya sebagai pemberi gratifikasi, dengan pasal 13, pasal 11 dan pasal 5 Undang Undang Tindak Pidana Korupsi.

Seperti diketahui Kepolisian Resort Bojonegoro telah menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi yang menyeret nama Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Pemerintah Bojonegoro, Supi Haryono, yang dituntut 4  tahun penjara,(Bond)
Berita Terkait
Berita Lainnya