,
05 Desember 2017 | dibaca: 64 Kali
Bank Indonesia Maluku Gelar PTBI 2017
noeh21
Baju Hijau Kepala Perwakilan BI Maluku, Wigyo Rahadi (tengah) dan Abu Andym Biwod Deputi NI Maluku

AMBON, MALUKU - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, akan menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2017 di Ambon Rabu besok (06/11/2017). Dalam PTBI 2017. akan disampaikan arah dan kebijakan BI Tahun 2017, baik secara nasional maupun wilayah Maluku.
 
Pertemuan tersebut, menurut Bambang Pramasudi, Kepala Kantor Perwakilan BI Propinsi Maluku, dihadiri oleh ratusan tamu undangan. Baik Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota dan Kabupaten, DPRD, TNI, Polri, Perbankan, BUMN, Akademisi, pelaku usaha hingga asosiasi.
 
“Mereka punya peran terhadap perkembangan ekonomi di Provinsi Maluku, sehingga para staheholder dapat memahami arah dan kebijakan BI ke depan,” jelas Pramsudi. Selain itu, Gubernur Maluku juga akan memberikan arahan yang akan disampaikan Wakil Gubernur Maluku.
 
Menurut  Pramsudi, sebagai otoritas moneter, BI selalu bersinergi dengan seluruh stakeholder guna mendorong perkembangan ekonomi Indonesia, sekaligus menginformasikan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan.
 
“Kami juga mengajak semua pihak untuk memperkuar dan memanfaatkan momentum pertemubuhan ekonomi yang baik, khususnya di Maluku,” tuturnya, menyebut pertemuan tersebut mengambail tema “Memperkuat Momentum”.
 
Disebutkan  Pramasudi, pada kegiatan PTBI 2017 ini  Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku ,juga akan memberikan apresiasi kepada perbankan yang telah bekerjasama dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku dalam melakukan layanan kas.
 
Apresiasi tersebut  terbagi dalam 4 kategori. Pertama, kategori bank terbaik dalam mentaati tata cara setoran dan pembayaran.  Kedua, kategori bank yang aktif menemukan temuan uang yang diduga palsu. Ketiga, kategori bank yang telah melaksanakan kerja sama penukaran uang kecil ke masyarakat,  dan  terakhir penghargaan kepada Bank pengelola Kas Titipan.
 
“Apresiasi ini diyakini ,dapat meningkatkan motivasi seluruh lembaga perbankan ,dalam memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat,” sambung Pramsudi.
 
Selain itu, sebagai tindak lanjut dari Program Pengembangan Kain Tenun  Ikat Tanimbar yang merupakan program Local Economic Development  Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, terdapat kegiatan Peragaan Busana Kain Tenun ikat Tanimbar karya perancang mode  Wignyo Rahadi.
 
Program pengembangan Tenun Tanimbar,bersinergi antara BI, Provinsi Maluku dengan INPEX Masela, Ltd. di Saumlaki, Kabupaten  Maluku Tenggara Barat. Hal  ini, merupakan salah satu program pengembangan UMKM Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, untuk pemberdayaan ekonomi perempuan dan masyarakat. 
 
"Dengan semangat untuk memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi, Bank Indonesia melalui kegiatan Pertemuan Tahunan Bank lndonesia ini ,diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholders, dalam memacu pertumbuhan ekonomi, dan mengendalikan inflasi,"tutur Pramasudi. (Yulin)
 
Berita Terkait
Berita Lainnya